Pesan Sukarno Anggota DPRD Pati tentang Makna Hari Pahlawan di Era Sekarang

(Foto: Anggota DPRD Kabupaten Pati, Ir. HM. Sukarno dari Fraksi Partai Golkar)

Kabarpatigo.com - PATI - Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen untuk perenungan bagi semua sebagai anak bangsa, serta mempunyai kewajiban untuk mempertahankan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Hal ini yang disampaikan anggota komisi B DPRD Kabupaten Pati, Ir. HM. Sukarno dari fraksi Partai Golkar. Menurutnya mempertahankan kemerdekaan perlu diisi dengan sepenuh hati karena kebhinekaan bisa menjadi sumber perpecahan dan keretakan bangsa.

"Suku, Agama, Ras jangan sampai terusik dengan oleh segelintir kelompok orang yang mengatasnamakan Agama, toleransi tetap harus selalu kita jaga bersama demi keutuhan bangsa," tutur Sukarno.

Untuk mewujudkan dan menciptakan kenyamanan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat pemerintah bagi Sukarno harus mempunyai peran penting dalam menjaga toleransi dan keberagaman.

"Pemerintah sendiri harus menciptakan iklim rasa keadilan sehingga kebersamaan tetap tumbuh kembang dengan baik," lanjutnya.

Bendahara Fraksi Partai Golkar ini juga mengingatkan kepada masyarakat tentang jasa pahlawan. Banyak hal dan jalan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang gugur dalam membela bangsa. Salah satunya dengan cara mengisi kemerdekaan di masa sekarang.

Baca Juga : Berangkat Muktamar, Muhammadiyah dan Aisyiyah Pati Pamit kepada Pj Bupati Pati

"Melanjutkan perjuangan dari jerih pahlawan Kusuma bangsa bisa melalui berbagai hal dan jalan. Semua anak bangsa berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan para pahlawan demi terwujudnya cita cita bangsa Indonesia dengan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ingat Sukarno.

Hal penting yang harus dipikirkan bersama, salah satunya adalah bagaimana meneruskan pengertian, pemahaman kepada generasi sekarang yang relatif berkehidupan berkecukupan.

"Generasi sekarang kebanyakan belum sepenuhnya mengetahui dan merasakan tantangan dan kesederhanaan kehidupan pada jaman sebelum tahun tujuh puluhan," jelasnya.

Pemahaman dan pengertian harus tertanam di jiwa generasi penerus sehingga merasa mempunyai kewajiban sebagai anak bangsa untuk mengisi kemerdekaan di semua bidang sehingga Indonesia menjadi negara yang maju dan berkeadilan. (red)

#MuhammadSukarno

Komentar