Jumat Ceramah Pagi salah satu Program Unggulan SMP Muhammadiyah 1 Pati


Setiap Jumat pagi sebelum pelajaran dimulai yang baru-baru ini diadakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Pati adalah program Jumat Ceramah Pagi. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan seluruh warga SMP Muhammadiyah 1 Pati yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Selain itu, ceramah pagi juga mengajarkan kedisiplinan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan menyiapkan diri untuk menyongsong kegiatan belajar mengajar. Acara ini dimulai dari jam 07.00 WIB sampai 07.15 WIB.

Rangkaian acara dalam ceramah pagi ini adalah, pertama, do’a bersama yang bertujuan untuk memantapkan hati dan menyiapkan mental untuk belajar. Kedua adalah nasehat. Yaitu berupa kegiatan motivasi internal agar tumbuh kepercayaan diri pada setiap siswa.

Selanjutnya adalah pengumuman dari guru jika ada hal yang perlu diinformasikan ke siswa. Setelah itu ditutup dengan yel yel sebagai syarat dan penyemangat siswa untuk belajar sebelum masuk ke dalam kelas dan mengikuti kegiatan pembelajaran pada hari itu.

Bagi siswa yang tidak disiplin dalam mengikuti apel ceramah pagi ini, seperti tidak berpakaian seragam, ramai ketika sedang ceramah, barisan tidak rapi, dan seterusnya, ada konsekuensi tersendiri dari para guru. Hal ini mengajarkan siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. (KP.AA)

Komentar