10 March 2020

Kelompok Usaha Mandiri Indonesia (KUMIMA) Pati Mendapat Apresiasi dari Anggota DPRD

(Foto : Kegiatan workshop KUMIMA Pati)

Kabar PatiGo.com - Pati Kota - Kelompok Usaha Mandiri Indonesia Maju (KUMIMA) sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Dasar Bazar UMKM Pati. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati dan dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Drs. Wahyu Styawati, M.T pada hari Minggu, (8/03/2020).

Kegiatan KUMIMA selama ini ternyata mendapat apresisi positif dari anggota DPRD kabupaten Pati komisi B, Sukarno, beliau mengaku salut dengan sepak terjang dan semangat para pelaku UMKM yang tergabung di komunitas ini, akunya.

Adapun materi workshop yang diberikan antara lain tentang sejarah KUMIMA dan pentingnya organisasi, Pemaparan tentang Mimpi Besar dan Road Map UMKM di Era Modern, Digital dan Globalisasi.

Ketua KUMIMA Pusat Agus Yuliono melakukan penandatanganan MOU & MOA dengan Universitas Muhammadiyah Kudus tentang Pelaksanaan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ( Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) disaksikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dan Anggota DPRD Kabupaten Pati.

Sementara itu Ketua penyelenggara Syahrial Aman menyambut baik dengan adanya MOU dan MOA.

"dengan adanya kerja sama MOU dan MOA antara Universitas Muhammadiyah Kudus dengan Kelompok Usaha Mandiri Indonesia Maju (UMKM) selain bagian dari Tri dharma Perguruan Tinggi. Dan juga mengaplikasikan prinsip Link and Match yakni Sinergi antara Dunia Pendidikan dengan Dunia kerja sehingga mampu menciptakan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki Kompetensi Daya Saing Globalisasi, Profesional di bidangnya dan juga aplikatif untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat," jelasnya.

(Foto : Penandatanganan MOU dan MOA antara KUMIMA dengan Universitas Muhammadiyah Kudus)

Tujuan diadakannya workshop adalah memaparkan Potensi Pasar Domestik dan Pasar Ekspor, sekaligus permasalahan UMKM serta Strategi Pemasarannya.
Lebih lanjut permasalahan Pajak dan NPWP juga dijabarkan secara rinci," ujar Syahrial.

Selain menejelaskan terkait pengembangan UMKM, workshop juga menghadirkan pihak 3 GO (Ga Ge GO Organik), yakni Eny Prasetyowati, SP dari Dinas Pertanian. Eny menjelaskan "solusi meghilangkan pestisida pada bahan makanan, buah dan sayur," jelasnya.

Peserta yang menghadiri workshop kurang lebih 150 peserta, selain antuasisme peserta yg luar biasa, partisipasi dari pihak sponsor juga terlihat sangat mendukung kegiatan tersebut, tutup Syahrial. (AA)

#umkm #KUMIMA #pati #dinasUMKMpati

No comments:

Post a Comment

Kabar Terbaru

Supriyanto Salurkan Bantuan Sembako

(Foto : Supriyanto memberikan bantuan sembako dan handsanitizer kepada Ustadz dan Ustadzah Yaumi) Kabar PatiGo.com - Pati - Di teng...

Kabar Terkini