Bimtek BDR (Belajar Di Rumah) Guru PAUD Aisyiyah Pati

(Foto : kegiatan Bimtek "Belajar Di Rumah" Guru TK Aisyiyah 02 Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Sebagai persiapan tahun ajaran baru dan tetap menunggu keputusan masuk tahun ajaran baru, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pati melalui Majelis Dikdasmen dan IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Kab Pati menggelar kegiatan Pengimbasan dengan materi Bimtek BDR (Belajar Di Rumah) PP PAUD Dikmas Jateng yang dihadiri 60 peserta Guru PAUD Aisyiyah se-Kab Pati, dan dilaksanakan di ruang aula TK Aisyiyah 02 Pati, Sabtu (27/6/2020).

Metode yang digunakan Daring dan Luring. Pelaksanaan Daring dilaksanakan sesuai kesepakatan peserta. Pelaksanaan kegiatan Luring di TK Aisyiyah 02 Pati terbagi menjadi 4 (empat) angkatan. Angkatan pertama, Guru PAUD Aisyiyah 02 Pati. Angkatan kedua dan ketiga 15 peserta perwakilan Guru PAUD Aisyiyah se kab Pati.

Kegiatan Bimtek BDR dilaksanakan mulai tanggal 23-30 Juni 2020 mulai jam 08.00-11.00 WIB. Selanjutnya peserta melaksanakan tugas mandiri dan aktivitas daring. Materi Luring disampaikan Siti Barmi, S,Pd, AUD dengan menyusun Rencana pembelajaran BDR, bermain bahasa, matematika sains, kriya, musik, penilaian perkembangan anak.

Pada hari ke 4 angkatan pertama diisi bakti sosial dari Sekolah Tinggi Teknik Manajemen Pati dengan pembelajaran multi media dikelompokkan menjadi 4 kelas.

Nurti Wijayanti, M.Pd selaku Koordinator PDA majelis Dikdasmen dan Lembaga Kebudayaan Kabupaten Pati menyampaikan jenjang pendidikan anak usia dini lebih spesifik dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya.

Ada hal-hal khusus yang harus diperhatiakan dalam pelaksanaan Belajar Di Rumah, peran orang tua sebagai guru pertama dan utama di rumah dapat bekerjasama dengan guru di layanan PAUD tempat perkembangan anak selanjutnya, untuk bersama melakukan kepentingan terbaik bagi anak.


"Karakteristik pembelajaran anak usia dini diantaranya, proses belajar dengan bermain bukan kegiatan yang berpusat pada guru dan orang tua. Menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah sebagai media pembelajaran, bukan benda yang harus dibeli oleh orang tua," ujar Nurti

Banyak orang tua yang mengeluh anaknya tidak mau belajar dengan orang tua, mintanya dengan gurunya, hal ini kemungkinan komunikasi atau interaksi yang digunakan orang tua masih menggunakan kalimat instruksi, belum menggunakan pertanyaan terbuka hal ini merupakan salah satu dukungan bermain yang sangat penting bagi anak.

"Selanjutnya orang tua diharapkan  mendokumentasikan kegiatan anak  dan mengirimkan hasil dokumentasi itu kepada guru untuk memperoleh  umpan balik," imbuhnya.

Sementara itu dalam waktu yang sama ketua MCCC Kabupaten Pati Dawam M, Pd menyampaikan sosialisasi dan menyerahkan bantuan masker, hand sanitizer serta memantau kesiapan sarana prasarana PAUD Aisyiyah 02 Pati.

Pelaksanan kegiatan Pengimbasan hasil bimtek sesuai protokol kesehatan dan keselamatan satuan pendidikan dalam mempersiapkan layanan pendidikan sesuai tatanan baru Standard Operasional Prosedur Sekolah/Madrasah/Pesantren Muhammadiyah Aman covid-19-19 di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Pati. (aa)

#TkAbaAisyiyah #MuhammadiyahPati #BustanulAthfal

Komentar