Cek Penyekatan di Brebes, Ganjar: Jaga Jalur Tikus dan Waspadai Boks Angkut Orang

(Foto: Ganjar Pranowo saat melakukan pengecekan di pintu Tol Exit Pejagan Brebes, Selasa, 4 Mei 2021) 

Kabarpatigo.com - BREBES - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di pintu masuk utama Jawa Tengah via darat, yakni exit tol Pejagan dan perbatasan Kecipir Losari Brebes, Selasa (4/5/21).

Di dua tempat itu, Ganjar meminta petugas memastikan pengetatan larangan mudik benar-benar dilakukan.

Didampingi Wakil Bupati Brebes, Kapolres, Dandim dan jajaran pemangku kepentingan lainnya, Ganjar mengecek satu persatu persiapan penyekatan pemudik baik di exit tol Pejagan maupun di jalur pantura perbatasan Brebes-Cirebon di Losari.

Ganjar meminta semua petugas siap, karena diprediksikan puncak arus mudik akan terjadi pada malam ini atau besok hari.

"Perkiraan saya malam nanti atau besok adalah puncaknya. Maka saya ngecek untuk memastikan kesiapannya. Mudah-mudahan masyarakat tidak mudik dan semua mengikuti ketentuan pemerintah agar lebih aman," katanya.

Saat ini lanjut dia, semua petugas baik TNI/Polri dan Pemda diminta siap-siap. Seluruh pintu masuk ke Jawa Tengah harus dijaga secara berlapis-lapis untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari luar daerah.

"Saya minta Pemkab mewaspadai dan menjaga jalur tikus, jalur jangkrik bahkan jalur cacing. Nanti kami siapkan dukungan tes antigen agar yang melintas bisa dites," tegasnya.

Selain itu, Ganjar juga meminta petugas kepolisian mengantisipasi modus-modus masyarakat dengan adanya larangan mudik ini.

Mudik menggunakan kendaraan plat hitam, mobil boks bermuatan barang dan modus lainnya.

"Ini harus diantisipasi, kita mesti menjaga betul. Tahun lalu saja, mudik dilarang tetap ada kebocoran, jumlahnya sekitar 1 juta orang. Tahun ini mudah-mudahan aman, sampai kemarin baru 3800 orang yang datang. Maka saya mengharapkan dukungan masyarakat untuk menjaga kesehatan semuanya dengan tidak mudik dulu," ucapnya.

Disinggung dari hasil pantauan penyekatan di Brebes, Ganjar mengatakan bahwa model yang digunakan sudah baik. Semua kendaraan dari Jakarta diisolir dan diperiksa kelengkapannya oleh petugas. (aa)

#GanjarPranowo

Komentar