Penanganan Covid-19, Sekretaris Muhammadiyah Pati: Butuh Sentuhan Kerjasama Yang Baik dan Ikhtiar Bersama Para Tokoh

(Foto: sekretaris Muhammadiyah Pati Taufiq)

Kabarpatigo.com - PATI - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati di tengah pandemi Covid-19, terus berupaya membantu semua pihak dalam penanganan Covid-19, termasuk mendukung program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diadakan Pemerintah Kabupaten Pati.

Muhammadiyah Pati dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Pati dalam penanganan covid-19, telah mengeluarkan edaran kepada internal persyarikatan Muhammadiyah dengan nomor: 65/III.0/E/2021 Hal Penanganan Covid-19 dan Idul Adha 1442 H. Edaran ini menurunkan sesuai edaran maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) nomor: 55/EDR/1.0/E/2021 tanggal 21 Zulkaidah 1442 H/2 Juli 2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan dan Penanganan Covid-19, serta Persiapan Menghadapi Idul Adha 1442 H.

"Semua ini dalam rangka taat asas dan kepatuhan dalam organisasi persyarikatan Muhammadiyah sebagaimana edaran maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah mulai dari awal sejak adanya pandemi sampai kemarin munculnya edaran yang berikutnya memperkuat tentang tuntunan ibadah di tengah pandemi termasuk juga pelaksanaan shalat Jumat di masjid Moch. Dahlan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini pun juga telah ditiadakan untuk sementara," ujar Taufiq sekretaris PDM Pati.

Hal Ini semua dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya otoritas kewilayahan di Pemerintah Kabupaten Pati, Muhammadiyah Pati mendukung sepenuhnya untuk sementara dalam memutus rantai Covid-19.

"Dengan bekerjasama lewat cara-cara ikhtiar kita termasuk di dalam kita menyelenggarakan ibadah jamaah di masjid ini sementara juga sebagaimana edaran yang telah beredar dari PP Muhammadiyah, dari Majelis Ulama Indonesia, dari Kementerian Agama, dari Pemerintah itu sendiri termasuk di Pemerintah Kabupaten Pati," tambahnya.

PDM Pati mengajak juga menekankan memperkuat khususnya di internal persyarikatan Muhammadiyah terkait untuk sami'na wa atho'na di dalam melaksanakan edaran keputusan PP Muhammadiyah, edaran Pemkab Pati, edaran Pemerintah Pusat, edaran Kemenag dimana di masa PPKM Darurat.

"Semua ini butuh sentuhan kita bersama, tanpa kerja sama yang baik semua Tokoh Masyarakat, semua Takmir Masjid, semua Tokoh Agama, semua warga masyarakat kabupaten Pati pada khususnya, maka pandemi ini pun juga akan sedikit sulit untuk tanpa kita berikhtiar, tentu semua atas kehendak Allah SWT, tapi kita sebagai hamba-Nya perlu adanya ikhtiar, tawakkal, berdoa, berdzikir, dan khususnya pada masa PPKM Darurat ini. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk memutus rantai Covid-19. Inilah ikhtiar semuanya pandemi Covid-19 ini segera diangkat oleh Allah SWT, sehingga kita beraktivitas sebagaimana biasa," harapnya.

Sementara itu dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 H sebagaimana biasa setiap tahun diadakan beberapa kali di stadion Joyo Kusumo Pati, Muhammadiyah Pati untuk yang kedua kalinya tidak menyelenggarakan.

Tahun pertama kemarin ketika pada saat Idul Adha yang lalu pada saat awal pandemi, kemudian ini adalah tahun kedua.

Tidak menyelenggarakan shalat Idul Adha ini salah satu imbauan PP Muhammadiyah yang tertuang dalam Edaran Maklumat kepada seluruh organisasi persyarikatan Muhammadiyah di bawahnya. (aa)

#Taufiq

Komentar