Peringatan Hari Jadi Pati ke 698 Bakal Digelar Sederhana dan Prokes Ketat

(Foto: Sekda Kabupaten Pati Suharyono)

Kabarpatigo.com - PATI - Peringatan Hari Jadi ke - 698 Kabupaten Pati besok akan digelar sangat sederhana tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini lantaran masih adanya pandemi Covid-19 serta Kabupaten Pati tengah melaksanakan PPKM level 3.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono saat diwawancarai awak media, hari ini.

Ia pun menambahkan bahwa pada upacara peringatan hari jadi nanti akan digelar upacara dengan mengenakan pakaian adat namun jumlah pesertanya dibatasi mengingat masih masa pandemi.

"Jumat sore, ada acara selametan atau syukuran secara terbatas yaitu para pimpinan OPD, Camat Pati dan Kepala Desa Sarirejo di Pendopo Desa Sarirejo Pati," ujar Sekda saat dikonfirmasi.

Sama dengan tahun sebelumnya, lanjut Sekda, usai tasyakuran, pihak desa akan membagikan makanan pada warga secara door to door.

Hal ini dimaksudkan agar warga tidak perlu datang ke lokasi Pendopo Sarirejo karena dapat memicu kerumunan.

Selanjutnya pada malam harinya, akan digelar rapat paripurna istimewa di kantor DPRD Pati. Setelah itu dilanjut tasyakuran dengan sangat terbatas di Pendopo Kabupaten Pati.

"Tidak ada yang namanya makan di tempat melainkan makanannya dibungkus dan dibawa pulang. Untuk hari Sabtunya tanggal 7, dilaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke 698 menggunakan pakaian adat yang dilanjut ziarah ke makam Adipati Tombronegoro," tambahnya.

Pihaknya menyebut, pagelaran ketoprak yang biasa digelar di Pendopo Sarirejo, dijadwalkan akan tetap dilaksanakan pada siang hari dengan protokol kesehatan sangat ketat dan durasi hanya 1 jam.

"Begitu pula dengan pagelaran wayang di SKB Disdikbud Pati pada malam harinya yang digelar secara virtual," pungkasnya. (red)

#Suharyono

Komentar