Sambut HUT RI ke 76, Pemdes Terban Kibarkan Merah Putih di Puncak Cangkraman Patiayam

(Foto: Pemdes Terban dan warga setempat saat mengibarkan bendera merah putih di puncak Cengkraman Patiayam, Jekulo Kudus, Rabu 11 Agus 2021)

Kabarpatigo.com - KUDUS - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 76, pemdes Terban kecamatan Jekulo membuat acara yang lain dari biasanya. Yakni mengibarkan bendera merah putih berukuran sepanjang 5,5 meter dan lebar 3 meter dipuncak Cangkraman Patiayam.

Rombongan berangkat dari balai desa setempat pukul 07.00 pagi. Letak puncak Cangkraman berada di sebelah barat Surau Gondhang Pandean yakni di daerah mbelik (mata air) Duren.

Kepala Desa Terban Supeno mengatakan pihaknya bersama dengan perangkat desa lainnya sudah sepekan lalu mempersiapkan lokasi ini untuk pengibaran bendera merah putih di puncak Cangkraman.

Diakuinya medan untuk menempuh ke puncak Cangkraman memang cukup berat, bahkan untuk material kegiatan inipun harus digendong termasuk tiang pipa besi dengan tinggi 21 meter.

“Saya menganggap puncak Cangkraman ini adalah piramidnya Patiayam. Saya ingin memberi warna khususnya di Desa Terban ini. Karena Patiayam sendiri sejak leluhur saya, kearifan lokalnya sudah “menyabdo” sejatining Patiayam dadi kuto. Karena di desa Terban sendiri saat ini menjadi kawasan industri dibagian Kudus timur serta harapannya Patiayam menjadi pusat pariwisata,” kata Supeno, Rabu (11/8/21).

Sengaja pihaknya mengibarkan bendera di puncak Cangkraman ini karena ada nilai sakralnya. Dimana di mbelik Duren adalah gapura barat Patiayam. Lalu ntuk gapura utama ada di Desa Gondoharum. Kemudian gapura utara ada di Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo, Pati.

Pihaknya juga selalu memotivasi bagi masyarakat penjaga hutan agar selalu semangat untuk menjaga kelestarian alam khususnya hutan. Diakuinya, dalam kegiatan penebangan pohon di Patiayam ini sudah ada tujuh orang yang tewas akibat tertimpa pohon. Termasuk salah satu warganya dan lainnya adalah dari desa Sukobubuk.

Kejadian ini lanjut dia, adalah pembelajaran dari alam agar masyarakat selalu ikut menjaga kelestarian alam. Bahkan pemerintah mempersilakan masyarakat untuk memanfaatkan hutan yang terpenting tetap hijau. (radiosuarakudus.com)

#PatiAyam

Komentar