Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah Diikuti 85 Media, Mukhtarom: Momentum Saling Kenal Antar Pengelola Media yang Berafiliasi Muhammadiyah

(Foto: Ketua Panitia Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah Mukhtarom saat dalam acara Ramah Tamah peserta Jambore di Kampus 4 UMS Surakarta, Jumat 22 Jul 2022)

Kabarpatigo.com - SURAKARTA - Media afiliasi Muhammadiyah menggelar Jambore yang diselenggarakan di Kampus 4 UMS selama tiga hari Jumat-Minggu, 22-24 Juli 2022.

Ketua Panitia Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah, Mukhtarom, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyolidkan semua media yang berafiliasi dengan Muhammadiyah.

Isu atau informasi soal Muktamar Muhammadiyah di media-media Muhammadiyah sendiri belum kompak. Isunya masih lokal. Oleh karena itu, dalam jambore ini hal tersebut perlu didiskusikan,” tutur Mukhtarom saat memberikan arahan di depan seluruh peserta ramah tamah Jambore, Jumat (22/7/22) malam.

Mukhtarom berharap peserta Jambore tidak sekadar datang dan hadir tanpa ada peningkatan kapasitas dan pemahaman soal media.

Selain itu, lanjut Mukhtarom, Jambore harus jadi momentum untuk saling kenal di antara pengelola media yang berafiliasi dengan Muhammadiyah.

“Kita juga harus memanfaatkan kegiatan ini untuk saling sharing pengetahuan dan pengalaman,” katanya.

(Foto: Kabarpatigo

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah yang pertama. Selama ini pengelola media afiliasi Muhammadiyah hanya berdiskusi di grup whastapp saja.

Adapun peserta yang hadir kurang lebih 110 orang dari 85 Media Afiliasi Muhammadiyah se-Indonesia. Mereka berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Lampung, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Cianjur, Cirebon, Solo, Jawa Tengah, dan daerah lainnya.

Sedangkan materi yang akan menjadi topik diskusi dalam Jambore meliputi optimasi SEO, teknik penulis berita, teknik liputan, strategi dakwah Muhammadiyah di dunia digital, pengembangan dakwah di media sosial, dan sebagainya.

Mukhtarom meminta para peserta Jambore media afiliasi Muhammadiyah untuk menulis setiap kegiatan Jambore.

“Selama 3 hari itu, teman-teman harus menulis 10 berita. Ini berguna untuk peningkatan kapasitas,” ungkap Mukhtarom.

Selain itu, sambung pria berkaca mata itu, berita yang ditulis oleh peserta akan menjadi penilaian bagi tim media kegiatan Muktamar kelak.

Ini juga bagian dari seleksi, apakah media afiliasi Muhammadiyah tersebut layak menjadi media yang akan meliput saat Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah November 2022,” tutupnya. (red)

#JamboreMediaAfiliasiMuhammadiyah

Komentar