Memiliki Bibit Potensial, Pencak Silat Tapak Suci Pati Siap Bersaing

(Foto: ketua Tapak Suci Pati Nasrul Fuadi bersama pesilat cilik di kejuaraan UMKU Championsip III Kudus beberapa waktu lalu)

Kabarpatigo.com - KUDUS - Pencak Silat Tapak Suci (Pimpinan Daerah) Pimda Pati merupakan bagian dari Ikatan Pencak Silat  Indonesia (IPSI) Pati.

Pencak silat yang bernaung di bawah Muhammadiyah ini sejak dulu sudah memiliki bibit potensial untuk digembleng lebih lanjut. Bibit potensial itu berasal dari pesilat usia dini sampai dewasa.

Menatap tahun 2023 Ketua Pimda Tapak Suci Pati Nasrul Fuadi menyatakan bahwa atlet Tapak Suci siap dan mampu bersaing dengan perguruan pencak silat lainnya.

Baca Juga: Gelar Hizbul Wathan PAUD Ceria, Ketua Aisyiyah Pati: Guru PAUD Aisyiyah Penyelamat Generasi

Keyakinan ini berdasarkan konsistensi dalam berlatih selama ini. Latihan secara konsisten selama ini dilakukan oleh atlet muda Tapak Suci Pati dengan menggunakan program latihan yang terukur. Dan latihanya dipusatkan di SMPN 8 Pati dan beberapa tempat lainnya.

Prestasi yang diukir atlit Tapak Suci Pati baru-baru ini adalah dalam kejuaraan UMKU Championsip III yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Kudus pada 23-24 Desember 2022 akhir tahun lalu yang diikuti 700 peserta mulai dari SD, SMP, SMA.

Pada tahun 2022 kemarin prestasi Tapak Suci Pati cukup mononjol diantaranya Juara Umum 2 Sirkuit ke II Tapak Suci tingkat Eks Karesidenan Pati di Kudus dan Juara Umum 3 dalam Kejuaraan UMKU Championship III kategori usia dini di Kudus pula. Dalam even UMKU Championship III beberapa atlet Tapak Suci menjadi pesilat terbaik yaitu Salsabila Rohmah dari SMP Muhammadiyah 1 Pati dan Aulia Hana dari SMK TBI Pati,” ujar Nasrul.

"Disamping itu beberapa altetnya memperkuat IPSI Pati yaitu Ar Faisal (atlet Popnas Jawa Tengah) dan Aprilia Fatmawati (Juara 1 Porprov Jawa Tengah 2018)," imbuhnya.

Selama ini Tapak Suci memiliki berbagai tempat untuk latihan yaitu di sekolah yang bernaung di Persyarikatan Muhammadiyah, SMPN 2 Pati, SMPN 5 Pati, SMPN 8 Pati, dan lain sebagainya.

"Tahun mendatang Tapak Suci Pati siap mengikuti kegiatan yang diselenggarakan IPSI Pati dan bersinergi dengan TNI POLRI untuk mengikuti kegiatan yang ada. Semoga saja prestasi Tapak Suci Pati makin berkibar,” pungkas Nasrul Fuadi. (lereng Muria)

#TapakSuciPati

Komentar