Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo Lakukan Mutasi Besar-besaran Pati dan Pamen

(Foto: Polri)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan perwira tinggi (Pati) hingga perwira menengah (Pamen) di lingkungan Polri. Tercatat, sebanyak 473 personel dimutasi dan promosi jabatan.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam 4 surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023.

Semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Polresta Pati di Bulan Ramadhan Bagi Takjil kepada Warga yang Melintasi Alun-Alun Simpang Lima

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan mutasi dan rotasi yang dilakukan Kapolri. Menurutnya, mutasi dan rotasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri.

Jadi, pada hari ini Pak Kapolri mengeluarkan 4 TR mutasi. Dari TR mutasi tersebut, jumlah keseluruhan yang mengalami rotasi dan mutasi ada 473 personel,” terang Dedi, Rabu (29/3/23).

Dari ratusan personel yang dimutasi, 7 Kapolda mengalami pergantian. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mendapatkan promosi jabatan menjadi Kabaharkam Polri, menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang memasuki pensiun.

Pengganti Irjen Fadil menjadi Kapolda Metro Jaya, yakni Irjen Karyoto, sebelumnya Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jabatan Kapolda Jawa Barat akan diemban Irjen Pol Akhmad Wiyagus, menggantikan Irjen Pol Suntana yang memasuki purnatugas.

Kapolda Lampung sebelumnya dijabat Irjen Pol Akhmad Wiyagus akan digantikan Irjen Pol Helmy Santika. Posisi yang ditinggalkan Helmy Santika sebagai Kapolda Gorontalo akan diisi Irjen Pol Angesta Romano Yoyol.

Kapolda Kalimantan Barat akan dipimpin Brigjen Pol Pipit Rismanto. Dilanjutkan dengan posisi Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya dijabat Irjen Nana Sudjana akan berganti ke Irjen Pol Setyo Boedi Moemponi Harso.

Ada Kapolda Sulawesi Tengah yang akan dijabat Irjen Pol Agus Nugroho, menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri.

Selain Kapolda, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar juga dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri, memasuki masa pensiun.

Jenderal bintang tiga lainnya yang mengalami mutasi dan rotasi adalah Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Pati Densus 88 Antiteror Polri. Jabatan Komjen Rycko sebelumnya yaitu Kelemdiklat Polri akan diisi Komjen Purwadi Arianto. (aktualonline)

Komentar