RAT dan Reorganisasi Pengurus Koperasi Surya Tahun 2022

(Foto: Pengurus Koperasi Surya terpilih bersama perwakilan UMKM Pati di RAT Koperasi Surya di SMA Muhammadiyah 1 Pati, 17 Mar 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Pengurus Koperasi Surya menggelar Rapat Anggaran Tahunan (RAT) tahun 2022 bagi seluruh anggota koperasi yang terdiri atas Guru dan Karyawan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kabupaten Pati.

Koperasi Surya yang berdiri tahun 1991 ini merupakan koperasi yang operasional di lingkungan pendidikan yang terdiri dari SMP, SMA, dan SMK di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati.

Kegiatan RAT tutup Buku 2022 Koperasi Surya yang dihadiri Dinas UMKM Kabupaten Pati, Irma Indrasari dilaksanakan di ruang pertemuan SMA Muhammadiyah 1 Pati pada hari Jumat (17/3/23) siang.

Agenda rapat berupa pemilihan pengurus koperasi baru dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dari usaha simpan pinjam yang diterapkan koperasi.

Dari unsur PDM Pati dihadiri Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen), Karsiman Rosyid, beliau menyampaikan bahwa RAT ini adalah forum tertinggi dalam mengambil keputusan strategis di koperasi.

"RAT merupakan forum tertinggi dalam mengambil keputusan, tentunya keputusan strategis yang mempengaruhi maju mundurnya koperasi," kata Karsiman Rosyid.

Baca Juga: Rapat Koordinasi Tangani Banjir, Ketua DPRD Pati: Kita Hanya Menjadi Korban Mitos

Dalam perkembangannya kedepan Karsiman Rosyid berharap Koperasi Surya yang berdiri sudah lama ini bisa menjadi koperasi maju dan mensejahterahkan anggotanya.

"Koperasi Surya lahir sudah lama, diharapkan sudah menjadi koperasi maju dan anggota lebih sejahtera. Kemajuan koperasi berpengaruh dengan posisi dan kedudukan anggotanya," harapnya.

Menurutnya koperasi maju itu apabila pengurus dan anggota punya amanah dan rasa tanggung jawab, serta memiliki kecerdasan dan kerja keras dalam bekerja.

"Anggota yang tidak amanah dan pengurus tidak amanah koperasi tidak akan maju. Cerdas, amanah, dan kerja keras simbol majunya koperasi, Koperasi Surya harus amanah dan harus barokah, ini akan menjadi jaya," lanjutnya.

Sementara itu Dinas UMKM Pati, Irma Indrasari, SE yang mewakili Kadinas menyampaikan Kepala Dinas UMKM Pati izin tidak bisa menghadiri RAT Tutup Buku 2022 Koperasi Surya.

"Pesan dan salam dari Kadinas, selamat dan semoga melaksanakan RAT Tutup Buku  2022 dan Buka Buku 2023 akan menghasilkan keputusan yang labh baik, semoga yang terpilih akan lebih baik," ucapnya.

Ketua Pengurus Koperasi Surya Sudarno yang juga Guru SMA Muhammadiyah 1 Pati mengungkapkan tugas menjadi ketua koperasi lebih dari dua tahun, dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Sudarno menyampaikan kepada peserta RAT yang sekaligus anggota Koperasi Surya, "Apapun yang diberikan menjadi amanah dan barokah," katanya.

Dalam pemilihan kepengurusan Koperasi Surya karyawan dan Guru Muhammadiyah Pati periode 2023-2025 terpilih Ketua, Drs Sudarno, Sekretaris, Nunuk TS, S.Pd, Bendahara, Eny Rohmaniah, S.Pd. Adapun Badan Pengawas Isni Maida, S.Pd, Susiana, S.Pd, dan Abdul Wahab, S.Pd. (aa)

Komentar