Wisata Gua Wareh, Wisata Alam di Pati yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Lebaran

(Foto: Wisata Gua Wareh Desa Kedumulyo Sukolilo)

Kabarpatigo.com - SUKOLILO - Libur Lebaran obyek wisata alam di wilayah Pati bagian selatan Gua Wareh menjadi alternatif wisata bagi masyarakat Pati dan sekitarnya.

Gua Wareh salah satu obyek wisata alam yang berada di Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati yang mempunyai sendang untuk mandi pada libur Lebaran mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Wisatawan yang datang menikmati indahnya alam sekitar Gua Wareh berasal dari daerah maupun luar daerah pun tampak memadati kawasan wisata alam itu.

Slamet Susilo pemuda asal desa setempat mengungkapkan, akhir ini selama lebaran pengunjung wisata Gua Wareh mulai ramai berdatangan.

"Ya, pengunjung wisata Gua Wareh mulai ramai, mulai lebaran saya melihat orang berdatangan menuju tempat wisata, kan rumah saya pinggir jalan jadi terpantau lalu lalang pengunjung," ucap Susilo saat ditemui di kediamannya, Senin (24/4/23).

Baca Juga: Menjaga Kamtibmas Selama Lebaran Tetap Kondusif, Hiburan Pentas Musik H+7 Tidak Diperkenankan

Terkait perkembangan wisata Gua Wareh, menurut Susilo, wisata Gua Wareh beberapa tahun lalu sempat dikelola dengan baik, bahkan di lokasi atas Gua ada beberapa stand atau lapak untuk pedagang dan di sekitarnya ada gasebo untuk wisatawan.

"Dulu di atas sini (sambil jalan dengan menunjukkan lokasi) ada gasebo dan tempat pedagang berjualan, sehingga di sekitar sini ramai pengunjung," sambungnya.

Mbk Nik, salah satu pedagang di lokasi wisata sangat senang dan gembira melihat ramainya wisatawan yang memadati wisata Gua Wareh, ia berharap keramaian ini ada setiap hari.

"Mulai isuk mau (pagi tadi) mobil pada datang, ditambah siang mulai ramai. Kalau seperti ini saya tiap hari jualan terus, tidak buka tutup karena sepi," ceritanya.

Alif wisatawan asal Pati kota yang datang bersama anak istri menyayangkan kondisi wisata alam Gua Wareh, dengan destinasi alam yang mendukung tapi tidak didukung dengan pengelolaan yang baik.

"Mendengar namanya saja saya penasaran dengan wisata Gua Wareh, pasti tempatnya bagus dan unik. Ternyata betul, wisata Gua Wareh lokasinya bagus, cocok untuk anak-anak dengan sendangnya dan untuk para dewasa karena alamnya. Tapi sayang belum dikelola dengan baik dan maksimal," tutup Alif. (aa)

(Foto: Wisata Gua Wareh)

Komentar