Diwarnai Pengunduran Diri, Akhirnya Ditetapkan 35 Orang Calon Tetap Formatur PDM Pati

(Foto: Peserta Musypimda sedang melakukan simulasi E-Voting untuk pemilihan)

Kabarpatigo.com - PATI - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati menggelar Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) yang dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah 1 Pati pada Minggu (14/5/23).

Musypimda digelar untuk memilih dan menetapkan calon tetap formatur PDM untuk masa periode 2022-2027.

Hal ini disampaikan ketua Panitia Pemilihan (Panlih) M. Lukman pada saat memimpin rapat pleno pertama dalam Musypimda.

"Ada 38 nama bakal calon formatur yang akan dipilih menjadi 33 nama calon tetap yang nantinya dibawa di Musyda untuk dipilih menjadi formatur PDM pada periode 2022-2027," kata M. Lukman.

Musypimda diwarnai pengunduran diri tiga bakal calon, diantaranya Ali Broto dari PCM Sukolilo, Zaeri dari PCM Tlogowungu, dan Listiyono dari PCM Jakenan. Alasan pengunduran diri tiga kader tersebut beragam, salah satunya ingin fokus di cabang.

Baca Juga: Jelang Musyda, Muhammadiyah Pati Gelar Musypimda

Menyikapi pengunduran diri tiga kandidat, Panlih menyerahkan keputusan tiga orang tersebut untuk diterima atau ditolak kepada musyawirin (peserta rapat), terutama kepada ketua cabang dimana mereka asal.

Setelah menerima pertimbangan dari ketua masing-masing cabang dimana kader itu berasal, akhirnya pengunduran diri tiga kandidat itu diterima oleh peserta rapat.

Dengan melalui rapat yang sedikit alot, kandidat yang sebelum Musypimda ada 38 orang mengerucut menjadi 35 orang yang masuk calon tetap formatur. Penetapan 35 orang ini tidak melalui pemilihan namun kesepakatan peserta rapat.

Sejatinya dalam agenda Musypimda ini akan mengambil dan memilih serta menetapkan 33 orang yang dibawa ke Musyda, namun para musyawirin menginginkan 35 orang ini langsung ditetapkan menjadi calon tetap. (aa)

Komentar