Forum Guru Muhammadiyah Gelar Workshop dan Halal Bihalal untuk Guru Muhammadiyah Se Kabupaten Pati

(Foto: ketua PDM Pati 2022-2027 memberikan sambutan dalam acara workshop FGM di Gedung PGRI Pati, Senin 22 Mei 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka meningkatkan profesionalitas dalam mengelola amal usaha Muhammadiyah (AUM) pendidikan di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Pati.

Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Kabupaten Pati menggelar workshop dan Halal Bihalal yang diikuti seluruh Guru Muhammadiyah Se Kabupaten Pati diselenggarakan di gedung PGRI Pati pada hari Senin (22/5/23).

Ada sebanyak 311 Guru yang hadir dan mengikuti workshop ini merupakan guru yang mengajar di AUM pendidikan di tingkat SD, SMP,  SMA, SMK Muhammadiyah di wilayah Pati.

Lintal Muna selaku ketua panitia mengatakan, selain acara workshop hari ini merupakan agenda Halal Bihalal yang awalnya direncanakan pada tanggal 13 Mei 2023. Berhubung ada beberapa hal akhirnya workshop dan halal bihalal ini bisa dilaksanakan pada hari ini.

"Sebenarnya workshop ini dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2023, berhubungan ada kendala akhirnya terlaksana pada hari ini. Walaupun di bulan Dzulkaidah, saling memaafkan diantara kita," kata Lintal Muna.

Sementara itu ketua FGM Pati, Ahmad Sunarto menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya acara Halal Bihalal dan Workshop ini. Menurutnya acara ini salah satu upaya untuk menuju sekolah yang profesional dan sejahtera sesuai semboyan FGM.

"Terima kasih banyak atas terselenggaranya acara ini kepada panitia dan Guru-guru. Ini kegiatan kita bersama, ini pertemuan perdana antar guru-gru Muhammadiyah," ucap Sunarto.

Hadir dalam acara workshop dan Halal Bihalal ini adalah ketua PDM Pati yang baru Muh. Lukman dan ketua Dikdasmen Muhammadiyah Pati, Gatot Wijayanto.

Baca Juga: M. Lukman Terpilih Menjadi Ketua PDM Kabupaten Pati Periode 2022-2027

Dengan berakhirnya masa periodesasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pati 2015-2022,  ia memohon maaf atas kinerja selama ini menjadi Dikdasmen.

"Momen ini saya sampaikan mohon maaf atas selama kepemimpinan saya yang kurang maksimal. Dan pesan saya, Kegiatan ini sangat baik, maka sekolah Muhammadiyah cepat maju jika sering mengadakan kegiatan ilmiah dan hasilnya diimplementasikan di sekolah," pesan Gatot.

Acara workshop dan Halal Bihalal yang bertema "Peningkatan Profesionalitas, Kohensifitas, dan Kreativitas Menuju Guru Muhammadiyah yang Berkemajuan" dibuka langsung oleh ketua PDM yang baru.

Dalam sambutan perdananya sebagai ketua PDM Pati, M. Lukman menyampaikan sekolah Muhammadiyah tu sebagai gerakan dakwah, dan ia berharap setelah ini tidak ada kata-kata "menurunnya sekolah Muhammadiyah dikarenakan label Muhammadiyah".

"Sekolah Muhammadiyah itu pilar penting di Muhammadiyah, dan gerakan embrio dakwah Muhammadiyah, dengan ijtihad mengadopsi konsep pendidikan ala barat dan Islam berbasis pesantren," tutur M. Lukman.

"Guru dan sekolah Muhammadiyah harus ada sinergi dan kolaborasi antara guru dan sekolah. Dan mulai hari ini tidak ada kata-kata menurunnya animo masyarakat masuk di Muhammadiyah karena Lebel Muhammadiyah. Sekolah ini lahan dan sawah kita yang kita rawat dengan penuh dedikasi," tegasnya.

Bekerjasama dengan Lazismu Pati, Dikdasmen, Baitul Mal Fastabiq, dan BMT Fastabiq. Acara ini mengundang dua nara sumber, yakni Sutaji (Dewan Pendidikan) dan M. Ridwan (BPH Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati. (aa)

Komentar