Jajaran Perwira Kepolisian Polda Jateng Ikuti Latihan Peningkatan Kemampuan Soft Skill Psikologi di Rembang

(Foto: Acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Soft Skill Psikologi Perwira Di Lingkungan Polda Jateng di Kabupaten Rembang, Senin 12 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - REMBANG – Pelatihan peningkatan kemampuan Soft Skill Psikologi pada Perwira jajaran Polda Jawa Tengah TA 2023 dilaksanakan di Hotel Pollos Rembang, Senin (12/06/23) pagi.

Kegiatan dihadiri Kabag Ops Kompol Sugito, S.Sos.,M.H. mewakili Bapak Kapolres Rembang serta dihadiri Karo SDM Polda Jawa Tengah diwakili Kabag Psikologi Ro SDM Polda Jawa Tengah AKBP Novian Susilo, S.H.,M.M. beserta Tim.

Dan diikuti Kabag SDM dan Para Perwira se-Eks Karesidenan Pati, meliputi Polresta Pati, Polres Rembang, Polres Grobogan, Polres Kudus, Polres Jepara, dan Polres Blora sejumlah 120 Personil.

Dalam pembukaannya Kabag Ops menjelaskan bahwa yang melatar belakangi diselenggarakan kegiatan ini karena sering terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri baik di level Bintara, Perwira Pertama maupun Perwira Menengah.

"Munculnya pelanggaran bisa terjadi sejak masih pendidikan maupun pada saat sudah melaksanakan fungsi kedinasan, seperti pada saat olahraga ada yang ngumpet di got atau selokan, ada yang disuruh apel malah pura-pura sakit, dan sudah mulai ada perilaku menyimpang tetapi ketika sudah mulai berdinas personil seperti itu cenderung lebih lihai,” ujarnya.

Dalam sebuah Organisasi hal seperti diatas adalah hal yang wajar, ada yang berprestasi mendapatkan reward dan ada yang dihukum atau punishmen, ada yang sukses dan ada yang biasa saja, maka dari itu diperlukan pengelolaan sumber daya yang ada, termasuk ketika ada sebuah permasalahan dalam pekerjaan.

Baca Juga: Jalan Tembus Margorejo -Gembong Rusak Parah

"Semua orang pasti mempunyai permasalahan, hanya saja tergantung bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik atau sering disebut dengan Coping Stres,” imbuhnya.

Masalah ilmu Psikologi, hampir tidak pernah diajarkan sehingga ini sangat bermanfaat untuk kita semua, karena tanpa disadari ada perbedaan dengan staff dan anggota kita, bukan karena kedudukan akan tetapi juga karena tanggung jawab.

Maka dari itu pada saat apel tidak henti-hentinya kita mengatakan kok masih ada saja anggota yang membuat pelanggaran.

“Kami ucapkan selamat datang kepada rekan-rekan semua, untuk para peserta pelatihan kami harapkan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik,” Kabag Ops.

Mungkin salah satunya kita disuruh untuk peduli, dengarkan keluh kesah anggota, karena belum tentu sesama anggota itu mau curhat atau sharing permasalahan.

“Selanjutnya kami ingin mengetahui pengaruh pelaksanaan kegiatan pelatihan ini terhadap penurunan angka pelanggaran anggota,” pungkasnya.

Sementara Kabag Psikologi Ro SDM Polda Jawa Tengah AKBP Novian Susilo, S.H.,M.M. mengatakan, dalam Pelatihan ini menghadirkan 2 orang Narasumber yaitu Dr Sri Aryanti Kriatianingsih , M.Si., M.H. (Dekan Fak Psikologi UKSW) dan Dr Augustina Sulastri (Dosen Fak Psikologi UNIKA Sugija Pranata).

"Sengaja kami undang para narasumber untuk memberikan informasi dan sharing ilmu terkait dengan permasalahan yang sering kita hadapi, Kami harapkan kepada para peserta bisa serius mengikuti untuk bekal dan berkah yang baik untuk kita sekalian," tandasnya. (HPR)

Komentar