Era Gempuran Teknologi, Sekda Apresiasi Kreativitas dan Inovasi Masyarakat Pati

(Foto: Sekda Pati Jumani menyerahkan penghargaan kepada Kepada Desa Sukolilo di Pendopo Kabupaten Pati, Senin 21 Agu 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Jumani menghadiri Penyerahan Penghargaan Lomba Krenova Pati Innovation Award 2023 bertempat di Pendopo Pati, Senin (21/8/23).

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala Bappeda, Camat Sukolilo, Camat Juwana, dan para penerima penghargaan lomba Krenova.

Dalam sambutannya, Jumani menyampaikan saat ini pembangunan ekosistem riset dan inovasi menjadi fokus pemerintah. Pemerintah mengubah paradigma dari ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi berbasis inovasi, sebagai salah satu jalan mencapai Indonesia Emas tahun 2045.

"Kemajuan sebuah bangsa atau daerah diukur salah satunya dengan indeks daya saing yang menitikberatkan pada inovasi. Yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pendirian star-up dan inkubator bisnis," ungkap Jumani.

Sekda menegaskan bahwa ditengah gempuran perkembangan teknologi saat ini, terobosan-terobosan baru sangat perlu dilakukan.

Ia pun merasa bangga dan mengapresiasi kreativitas juga inovasi masyarakat Kabupaten Pati.

"Saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga terhadap kreativitas dan inovasi masyarakat Pati yang telah menghasilkan berbagai inovasi dan semoga bisa menjadi solusi terhadap masalah diberbagai sektor yang kita hadapi bersama," ujar Jumani.

Baca Juga: Hadiri Gebyar Batik Mina Tani, Dinporapar: Tugas Kita Bersama Nguri-Uri Budaya Pati

Jumani berharap tren positif seperti ini terus dilakukan dan dikembangkan untuk mendorong semangat dan maju berkembang terutama untuk kalangan anak-anak muda.

Pemenang lomba Krenova 2023 yaitu, Juara 1 oleh Marina Diva Irsaniya, Amanda Aninditya Trihapsari dan Lintang Artthalita Miftania Altaf dengan Judul AuRa (Automatic Robot Assistant): Solusi Distribusi Otomatis Berbasis loT Bagi Pasien Rawat Inap.

Untuk Juara 2 oleh Wahyu Arga Pratama, S.Tr.T, Moh Zaenal Arifin, S.Tr.T & Siti Hanifah dengan judul MoCa Chino: Mobile Car For Robotic Education. Kemudian Juara 3 oleh Wiji, S.Pd.SD.M.Pd, Anggi Faisal, S.Pd & Muhammad Zamzam Rizka Susila A, M.Pd dengan judul LMS BAP ACADEMY: Alternatif Solusi Pelatihan Guru di Masa Pandemi Covid-19.

Sedangkan Juara Harapan I diraih oleh Mohammad Burhan Bachtiar, Alleya Vidyananta Sudibyo & Maulidya Martha Irfani dengan judul Mobile Energy Pouch: Inovasi pengisi Daya Ponsel dengan Menggunakan Panel Surya yang Dapat Digunakan Secara Fleksibel sebagai Sumber Energi Ramah Lingkungan.

Kemudian Juara Harapan II oleh Aryanti Muhtar Kusuma dan Zalfa Fitria dengan judul RULAF (Ruang Mualaf Indonesia): Pioner Platform Integrasi Sistem Pendampingan Mualaf Berbasis Digital Blended Services.

Terakhir, Juara Harapan III Ani Dwi Rahayu, Najma Tsaqib dan Fitria Musbikhatul Kasanah dengan judul PROMIX: Tepung Tapioka Modifikasi Non Gluten Pengganti Terigu.

Dalam kesempatan ini, Sekda Pati juga menyerahkan sertifikat Kekayaan Intelektual (KI) komunal dari Pj Bupati ke Custodian Tradisi Meron Desa Sukolilo kepada Kepala Desa Sukolilo serta motif Batik Bakaran Gandrum diserahkan kepada Bapak Bukhori dari Paguyuban Pengrajin Batik Bakaran. (red)

Komentar