Wujudkan Kesiapan Amankan Pemilu 2024, Polresta Pati Gelar Simulasi Sispamkota

(Foto: simulasi Sispamkota Polresta Pati di stadion Joyo Kusumo Pati, Senin 25 Sep 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pati menggelar latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pemilu 2024.

Latihan yang melibatkan ratusan anggota Polresta, Kodim, serta Satpol PP, di halaman Stadion Joyokusumo Pati, Senin (25/9/23) pagi.

Latihan Sispamkota ini, kata Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, dalam upaya meningkatkan kemampuan personil atau anggotanya dalam penanganan konflik sosial maupun antisipasi gangguan keamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Simulasi kita gambarkan dalam kegiatan ketika kondisi kabupaten/kota dalam keadaan aman, secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan. Semua kita praktikan dalam situasi aman, kemudian situasi hijau, kuning dan merah. Sehingga kesiapanya dari personil Polresta, tim negosiator, hingga tim dari Brimob,” kata Kapolresta Pati.

Baca Juga: Video Viral Pembacokan di Pati Ternyata Hoaks, Polisi: Itu Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama menegaskan, sampai sekarang ini kondisi wilayah Kabupaten Pati masih aman.

Dia berharap kondisi ini terawat hingga selama tahapan pemilu, sehingga polisi tidak perlu melakukan kontijensi sispamkota.

“Lihat pontensi sendiri, Kabupaten Pati masuk kategori aman. Sehingga prediksi kedepan kondisi Kamtibmas dalam keadaan aman. Tapi kita tetap melakukan kegiatan-kegaitan antisipasi kepada masyarakat seperti halnya patroli,” katanya.

Latihan Sispamkota itu, Polresta Pati mengikutsertakan, 478 personel. 400an personel Polresta Pati, dan puluhan personel gabungan dari Brimob, TNI dan Pemda dalam hal ini Satpol PP dan Dishub. (Humas Resta Pati)

Komentar