Lomba Penyuluhan Stunting untuk Istri Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Pati

(Foto: Penerimaan hadiah pemenang Lomba Penyuluhan Stunting TP PKK Kec. Pati, Rabu 4 Okt 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Stunting merupakan masalah kesehatan Nasional untuk mengatasi dan mencegah permasalahan kesehatan akibat kurang gizi bagi anak.

Hal ini sangat penting bagi orang tua dalam memperhatikan asupan makanan bergizi dengan memperhatikan tinggi badan pada diri anak.

Jika anak lebih pendek dari teman seusianya ada kemungkinan anak memiliki masalah dengan pemenuhan gizinya. Perlu digiatkannya penyebaran informasi yang dapat dilakukan  melalui metode penyuluhan mengenai  pencegahan stunting dengan imunisasi dan 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

TP PKK Kecamatan Pati mengadakan lomba penyuluhan stunting untuk istri Kepala Desa atau Lurah se Kecamatan Pati di Aula Kecamatan Pati pada hari Rabu (4/10/23).

Pada pembukaan Pembina TP PKK Didik Rusdiartono menyampaikan pentingnya kemampuan public speaking untuk istri Kepala Desa atau Lurah di Kecamatan Pati. Karena banyak program kegiatan untuk disampaikan pada masyarakat.

Baca Juga: Koramil 0718-01/Pati Sambut HUT TNI Ke 78 dengan Kegiatan Anjangsana

"Dengan adanya lomba diharapkan  kemampuan meningkat sehingga masyarakat tergerak untuk melakukan program secara mandiri," kata Didik Rusdiartono

Untuk meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat di Kecamatan Pati. Ada beberapa kriteria penilaian yang diperhatikan pihak peserta lomba, diantaranya, isi materi, diksi (pemilihan kosa kata), gaya/mimik/improvisasi, vokalketepatan waktu.

"Untuk penyuluh berbeda dengan pidato pada diksi kalimat ajakan melakukan kegiatan disampaikan dengan cara yang santai menggembirakan dan menyenangkan, sehingga peserta merasa senang dengan mau menyimak apa yang disampaikan penyuluh dan mau melaksanakan program kegiatan di rumah. Membawa media untuk lebih memperjelas program yang disampaikan," terang Barbalina mewakili tim juri.

Melalui rapat dewan juri I yakni Umi Yuli Purwati, Siti Munazaah, Barbalina  memutuskan juara I, II, dan III diperoleh oleh Istri Kepala Desa Tambahsari, Kelurahan Pati Lor, dan Desa Ngepungrojo.

Adapun juara Harapan I, II, dan II diraih Desa Tambaharjo, Desa Ngarus, dan Desa Plangitan.

Dan untuk Piala dan uang pembinaan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Istifaiyah Didik Rusdiartono. (nw)

Komentar