Perkenalkan Batik Ke Masyarakat, Pemkab Pati Gelar "Batik Pati Fashion Street" di Alun-alun

(Foto: peserta Batik Pati Fashion Street di Alun-alun Pati, Minggu 8 Okt 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka memperkenalkan batik Pati lebih meluas di kalangan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pati menggelar “Batik Pati Fashion Street“ di Alun-Alun Pati, Minggu (8/10/23).

Selain diikuti oleh puluhan model yang mengenakan batik khas Pati, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Forkopimda Pati serta beberapa Kepala OPD Kabupaten Pati.

Menurut Henggar, Batik Fashion Street Kabupaten Pati merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan beragam batik khas Pati dari berbagai pengrajin di wilayah Kabupaten Pati.

"Tentunya dalam setiap kreasi ini memiliki makna dan filosofi yang sangat mendalam dari motif batik yang dikenakan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pati Faisa Henggar mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan batik Pati.

"Bukan hanya di kalangan orang tua saja, namun bagaimana nantinya batik Pati dapat dicintai oleh kawula muda,"  tuturnya.

Baca Juga: Dinporapar Pati Adakan Jambore Pokdarwis Yang Pertama

Ia pun mengajak kaum milenial khususnya di Kabupaten Pati agar senantiasa mencintai batik Pati, sehingga produk lokal ini makin dikenal luas bukan hanya di Pati saja, namun bisa juga ke tingkat nasional bahkan internasional.

Saya ucapkan terima kasih kepada 33 Industri Kecil Menengah (IKM) Batik, yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Faisa.

Baca Juga: Dibuka Pj Bupati Forpetra Diharapkan Bisa Bangun Kebersamaan Jelang Tahun Politik

Sementara itu, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro pun menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti keseriusan Pemkab nguri-uri budaya.

Henggar menjelaskan, keberadaan batik ini juga telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage).

Henggar juga mengapresiasi kaum milenial yang saat ini telah banyak menggunakan baik sebagai busana yang dipakai pada setiap kesempatan dan kegiatan di luar rumah.

"Pengunjung sangat antusias, apalagi kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD)," terang Pj Bupati.

Usai mengikuti fashion show, Henggar bersama rombongan dan tamu undangan pun berkesempatan meninjau beberapa stand batik tulis yang ada di lokasi tersebut.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pati Faisa Henggar bahkan menyempatkan diri belajar membatik bersama anak-anak yang berada di kawasan Alun-alun Pati tersebut. (red)

Komentar