Keluarga Besar FPP UNDIP Berikan Bantuan dan Pelatihan Peternak di Desa Tunggulsari Tayu

(Foto: Keluarga Besar UPP Undip melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tunggulsari Tayu, Rabu 6 Des 2023)

Kabarpatigo.com - TAYU - Keluarga Besar Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Pati.

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini adalah Bakti Sosial Departemen Peternakan FPP Undip 2023.

Bakti sosial ini wujud nyata dari kepedulian terhadap sesama. Partisipasi aktif seluruh Dosen Departemen Peternakan Undip dalam penggalangan dana diwujudkan dengan pemberian dana bantuan pendidikan untuk 12 anak yatim dan piatu dan penyandang disabilitas.

Baca Juga: USP Buka Lowongan Tenaga Ahli Dosen, Cek Formasi dan Persyartannya !

Selain itu juga diserahkan sembako sejumlah 109 paket untuk keluarga yang membutuhkan. Kegiatan Baksos digelar di RM Rakarori Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Rabu (6/12/23).

“Semoga bantuan dari FPP Undip ini bermanfaat bagi masyarakat Tunggulsari,” ungkap Dr.Ir. Sri Sumarsih, S.Pt., M.P., IPM, selaku Ketua Departemen Peternakan.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa selain menggelar acara Baksos, Departemen Peternakan juga mengadakan kegiatan Pelatihan bagi peternak sapi potong dan itik di wilayah Kabupaten Pati.

Baca Juga: Prihatin Kawasan Kendeng, Kodim Pati Prakarsai Gerakan Penghijauan di Kawasan Pegunungan Kendeng

Dekan FPP Undip, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo HEP, M.S., M.AgrSc., IPU berpesan bahwa BAKSOS ini dilaksanakan agar terjalin keakraban dan jalinan silaturahmi antara masyarakat dengan Undip, sehingga tidak ada kesenjangan antara Kampus dan masyarakat.

“Kami dari FPP Undip akan merespon dengan sebaik-baiknya permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya bidang peternakan dan pertanian agar segera dapat teratasi, sehingga petani peternak dapat lebih sukses dan meningkatkan perekonomian keluarganya,” kata Prof Bambang.

Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan di Kabupaten Pati ini didukung sepenuhnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Ir. Nikentri Meiningrum, M.Si didampingi Kabid Peternakan Andi Hirawadi, S.Pt., MM, juga hadir di kegiatan Pengabdian ini.

“Sinergisme antara Dinas dengan Undip akan sangat membantu bagi suksesnya program program bidang pertanian di Kabupaten Pati,” kata Niken dalam sambutannya.

Petani peternak di wilayah Pati tentunya akan dapat banyak tambahan ilmu dan teknologi tepat guna dari FPP Undip.

Pelatihan pembuatan konsentrat bagi peternak sapi potong diharapkan dapat mendorong para peternak dalam pembuatan konsentrat berkualitas secara mandiri.

Sedangkan pelatihan budidaya maggot bagi peternak itik diharapkan akan menyediakan pakan protein tinggi untuk itik yang dipelhara oleh masyarakat Pati. (hmsundip)

Komentar