Masuki Penghujan, Anggota DPRD Sukarno Minta Pemkab Siapkan Bahan Pertanian

(Foto: Anggota DPRD Pati dari fraksi Partai Golkar Sukarno)

Kabarpatigo.com - PATI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno meminta Pemerintah Daerah agar menyiapkan bahan-bahan pertanian untuk musim tanam (MT) memasuki musim penghujan menjelang akhir tahun 2023 ini.

Dia mengatakan akhir bulan November ini sudah ada tanda-tanda musim hujan. Waktu seperti itu dimanfaatkan petani untuk menanami lahannya yang sebelumnya kekeringan.

Secara khusus dirinya meminta pemerintah menyediakan sarana produksi pertanian. Bahan pertanian itu meliputi pupuk, benih, pestisida hingga zat lain untuk penumbuh tanaman.

Baca Juga: DPRD Rapat Parpurna, Semua Fraksi Setujui APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2024

“Musim Tanam (MT) pertama di musim penghujan saat ini pemerintah berkewajiban untuk menyediakan Saprodi (sarana produksi pertanian),” kata dia yang ditulis Senin (27/11/23).

Baca Juga: Ada 22 Kelas yang Dipertandingkan Kejurda Grasstrack dan Motocross Gua Wareh Cup 2023 di Sukolilo Pati

Tahun ini lantaran ada fenomena el nino sangat berdampak terhadap produksi pertanian. Sebab lahan petani kering tandus kekurangan sumber mata air untuk mengairi tumbuhan.

(Foto: Caleg DPRD Pati Dapil III)

Dirinya juga mengaku bahan pertanian yang disediakan pemerintah juga belum banyak. Sehingga harapannya tahun depan ada upaya peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk tahun depan harus ditambah kuotanya dibanding tahun 2023. Karena tahun ini masih terjadi kekurangan dari bahan-bahan Saprodi itu,” tambah dia. (saminnews.com)

Komentar