Pemilu 2024 Muhammadiyah Tak Akan Kerahkan Dukungan ke Calon Tertentu

(Foto: Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto)

Kabarpatigo.com - PP Muhammadiyah menegaskan tidak akan mengerahkan dukungan ke calon tertentu di Pemilu 2024.

Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto mengatakan Muhammadiyah merupakan organisasi dakwah yang memperjuangkan nilai.

"Organisasi dakwah memperjuangan nilai untuk semakin baik, semakin baik dan seterusnya. Sehingga karenanya dakwah itu mengajak untuk menjadi lebih baik," kata Agung dalam Pengajian Umum PP Muhammadiyah pada Jumat malam seperti dikutip dari situs Muhammadiyah, Minggu (28/1/24).

Kendati demikian, Agung menjelaskan Muhammadiyah sesuai dengan Munas Tarjih pada 2023 memiliki kriteria tertentu untuk seorang pemimpin.

Baca Juga: JATAM Klaten dan Komisi VI DPR RI Kolaborasi Budidaya Pepaya Hawai

Baca Juga: Ditunjuk Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi ke XXX, Pj Bupati Gelar Rapat Persiapan MTQ

Berdasarkan kriteria tersebut, warga Muhammadiyah diberi kewenangan untuk menafsirkan kriteria itu ke sesuai dengan calon siapa.

"Kriteria calon presiden ini disampaikan supaya semuanya bisa membimbing masyarakat, termasuk juga membimbing calon agar sesuai dengan kriteria ideal itu," ujar Agung.

Baca Juga:; Dubes RI untuk Mesir Bantu Atasi Kesulitan Masuknya Bantuan Muhammadiyah ke Gaza

"Sampai saat ini PP Muhammadiyah tidak mengarahkan kepada calon tertentu. Dan nanti sampai hari H pemilu tidak akan mengarahkan dukungan kepada calon tertentu. Tapi berhenti pada kriteria masing-masing dipersilahkan untuk menerjemahkan, menafsirkan sesuai dengan kemampuan ijtihad masing-masing," sambung dia.

Agung mengatakan selain digunakan oleh pemilih untuk menentukan pilihan, kriteria yang dibuat Muhammadiyah juga diharapkan membuat para calon untuk memantaskan diri seperti kriteria ideal tersebut.

Sikap yang sama juga ditegaskan Muhammadiyah terhadap partai politik. Muhammadiyah tidak akan mengarah atau cenderung kepada salah satu parpol. Posisi Muhammadiyah adalah membangun kedekatan dengan semua parpol.

"Tetapi bagaimana Muhammadiyah melihat keadaan yang ada, yang real itu bisa diperbaiki orientasinya adalah kepada upaya perbaikan, upaya untuk menjadi lebih baik. Bukan untuk menghakimi, bukan hanya berkawan kepada mereka yang sudah baik saja kemudian meninggalkan yang kurang baik," ungkap Agung. (detik.com)

Komentar