Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pj Bupati Pati Singgung Kelangkaan Elpiji

(Foto: Pj Bupati Pati saat tinjau harga sembako di toko swalayan area Pati, Selasa 26 Mar 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Pati lakukan pemantauan sejumlah harga kebutuhan pokok, baik di pasar tradisional maupun swalayan, Selasa (26/3/24).

Tak hanya itu, kelangkaan elpiji di tingkat konsumen juga mendapat perhatian khusus oleh Pemerintah Kabupaten Pati.

Bersama Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Kepala Disdagperin Kabupaten Pati Hadi Santosa, Kepala Dinas Pertanian Pati Niken Tri Meiningrum melakukan pemantauan di Agen elpiji di jalan Tondonegoro Pati.

Baca Juga: Korban Banjir dan Kebakaran Terima Bantuan dari Baznas Pati

Baca Juga: Berikan Kuliah Pascasarjana 'Demokrasi Indonesia', Bamsoet Ajak Kaji Ulang Sistem Demokrasi Pemilihan Langsung di Indonesia

Baca Juga: Kodim Pati Menggelar Tarhima di Masjid Diponegoro Kompi C Yonif 410/Alugoro

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyebut, pemantauan ini dilaksanakan untuk memastikan pasokan gas elpiji 3kg subsidi untuk masyarakat miskin tidak terjadi kelangkaan.

Baca Juga: 80 Tim Ikuti Liga 3 Putaran Nasional Tahun 2023/2024, Berikut Hasil Drawing Liga 3 Nasional!

"Yang kita tahu kan elpiji 3kg bersubsidi ini sempat langka, karena memang kelangkaan elpiji ini karena kapal pembawa elpiji waktu cuaca eksrem kesulitan sandar. Jadi pada saat aktifitas bongkar muat barang sempat terjadi kendala hingga mengakibatkan kelangkaan elpiji," ungkap Henggar.

Henggar menyebut, saat ini kelangkaan elpiji sudah berangsur kembali membaik seiring dengan kondisi cuaca. Ia menyatakan bahwa nanti sebelum hari raya idul fitri, kuota pasokan elpiji 3kg bersubsidi akan ditambah 2 kali.

Baca Juga: Pemkab Pati Akan Kembali Rekrutmen PPPK dengan 1150 Formasi

"Kalau ngga salah nanti sebelum lebaran akan ada penambahan kuota 2 kali. Informasinya yang kuota pertama elpiji 3kg ini akan ditambah 10.000, kemudian kuota kedua akan ditambah lagi 10.000," tegasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penambahan kuota elpiji 3kg di Kabupaten Pati ini membuat stok elpiji pada kondisi aman.

Kemudian terkait pengecekan stok bahan makanan dan tanggal kedaluwarsa baik di swalayan maupun pasar tradisional, Henggar menyebut bahwa upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar masyarakat dapat mendapat dan mengkonsumsi makanan yang baik dan aman.

"Jadi tentunya apa yang diedarkan dan digunakan oleh masyarakat ini kan jangan sampai posisi sudah kadaluwarsa tetap beredar. Ini yang coba kita batasi untuk meminimalisir itu. Kita pastikan bahwa barang-barang yang beredar itu belum expired," tandasnya.

Saat ini, sambungnya, harga-harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pati cenderung stabil. Bahkan beberapa kebutuhan bahan pokok mengalami penurunan harga.

"Jadi di Kabupaten Pati termasuk 10 besar kabupaten/kota yang penurunannya tinggi ya. Karena kita juga melakukan operasi pasar beberapa kali. Alhamdulillah bisa menurunkan IPH (indeks perkembangan harga) yang ada di Kabupaten Pati," pungkasnya. (red)

Komentar