Tiga Klub Liga 3 yang Lolos Liga 2 Dimiliki Satu Orang, Ini Orangnya!

(Foto: Eko Setyawan pemilik tiga klub Liga 3 yang lolos Liga 2)

Kabarpatigo.com - Tiga klub Liga 3 2023/2024 yang diduga dimiliki oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setyawan, promosi ke Liga 2 musim depan.

Ketiga klub itu adalah Adhyaksa Farmel FC, Persibo Bojonegoro, dan Persikota Tangerang.

Bahkan, di babak final Liga 3, terjadi derbi "Eko Setyawan" ketika Adhyaksa Farmel FC mengalahkan Persibo 3-2 lewat tambahan waktu di Stadion Mini Cibinong.

Selain Adhyaksa Farmel FC, Persibo, dan Persikota, tiga tim Liga 3 lain yang naik kasta ke Liga 2 2024/2025 adalah Dejan FC, Persiku Kudus, dan Persikas Subang.

Keenamnya menggantikan delapan kesebelasan Liga 2 yang terdegradasi ke Liga 2 untuk musim depan yaitu PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Sulut United, Persiba Balikpapan, PSDS Deli Serdang, Persikab Kabupaten Bandung, Perserang Serang, dan Sada Sumut FC.

Baca juga: Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Presiden Jokowi Tetapkan 10 Juni Sebagai Hari Kewirausahaan Nasional

Baca juga: Daftar Lengkap Peserta Liga 2 2024/2025, Enam Tim Naik Kasta dari Liga 3

Sebelumnya, pada Mei 2024, Eko Setyawan, buka suara terkait kabar mempunyai tiga klub sekaligus di Liga 3. Dia mengklaim hanya memliki Adhyaksa Farmel FC dan akademinya.

"Secara formal saya hanya memiliki Adhyaksa Farmel FC dan Farmel Isvil Football Academy. Sedangkan untuk Persibo Bojonegoro dan Persikota Tangerang itu bukan milik saya," ujar Eko Setyawan.

"Saya lahir dan besar di Bojonegoro. Pasti ada ikatan emosional dengan kota kelahiran. Namun, sekali lagi itu bukan klub milik saya. Lalu apa salahnya jika saya juga memberikan dukungan, masukan, nasihat untuk kemajuan sepak bola di tanah kelahiran saya, Bojonegoro," jelasnya.

"Demikian pula dengan Persikota. Betul saya tinggal di Kota Tangerang dan usaha bisnis juga di Kota Tangerang. Tetapi, sama dengan yang di Bojonegoro, Persikota juga bukan milik saya," ujar Eko Setyawan.

"Sekali lagi apa salahnya jika hanya memberikan masukan, nasihat, dan dukungan untuk kemajuan sepak bola di daerah saya lahir dan kini saya tinggal Tangerang."

"Sebagai Exco PSSI, sangat wajar jika saya kemudian dimintai pendapat, masukan, karena saya dianggap mengerti tentang sepak bola. Silahkan lihat di dokumen dan notariat kepemilikan klub," pungkasnya. (red)

Komentar