Bupati Haryanto Pimpin Apel Siaga Bencana

(Foto : Bupati Haryanto setelah pimpin apel siaga bencana di BPBD Kabupaten Pati)

Kabarpatigo.com - MARGOREJO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menggelar Apel Siaga Bencana. Apel dengan peserta terbatas ini diselenggarakan di halaman kantor BPBD Pati dan dipimpin langsung oleh Bupati Haryanto, Sabtu (31/10/20)

Dalam acara yang juga diikuti oleh Wakil Bupati Saiful Arifin tersebut, Bupati Haryanto menjelaskan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, apel siaga bencana biasanya dilaksanakan di dekat desa yang sering menjadi lokasi bencana alam banjir.

"Karena pandemi Covid-19, apel dilaksanakan terbatas di halaman BPBD Pati. Namun demikian ini tidak mengurangi kekuatan dan kesiapsiagaan seluruh personel untuk bertindak cepat manakala terjadi bencana," jelasnya.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan bahwa Kabupaten Pati memiliki wilayah geografis yang membuatnya cukup rawan bencana, terutama kekeringan, banjir, angin kencang, dan longsor.

Terkait kekeringan, sampai sekarang kita masih dropping air bersih. Sebab, sekalipun sudah beberapa kali hujan, kebutuhan air bersih di sejumlah wilayah belum tercukupi. Namun itu hanya di sejumlah kecil wilayah. Tahun ini memang kekeringan tidak separah sebelumnya,” terangnya.

Mengingat kini telah mulai musim hujan, Haryanto pun meminta seluruh personel untuk mewaspadai bencana banjir, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Terkait banjir, ia berharap normalisasi sungai Juwana, sekalipun belum tuntas, bisa membantu mengurangi risiko bencana. Namun demikian, ia berharap, dengan sokongan pemerintah pusat, normalisasi sungai Juwana bisa dituntaskan dari hulu ke hilir.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai bencana angin kencang dan puting beliung yang cukup kerap terjadi pada musim penghujan.

Kemarin baru hujan beberapa kali, sudah ada beberapa puting beliung yang terjadi. Akhirnya banyak genteng melorot. Kemarin di Prawoto juga ada angin (kencang-red), akibatnya rumah ambruk, tapi rumahnya tidak permanen. Sudah kita bantu juga,” ungkap Haryanto.

Adapun terkait gelombang tinggi, Bupati meminta masyarakat yang tinggal di daerah sekitar pantai untuk waspada, terutama karena cuaca tidak menentu. (red)

#BPBDPati #Haryanto


Komentar