Ketum PP Muhammadiyah Resmikan Masjid Al-Ukhuwah Palangka Raya

(Foto: Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan Masjid Al-Ukhuwah Palangkaraya secara virtual, Sabtu 6 Mar 2021) 

Kabarpatigo.com - PALANGKA RAYA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si meresmikan secara virtual Masjid Al-Ukhuwah Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (6/3/21).

Masjid tersebut dibangun di atas tanah seluas 4 hektar yang merupakan hibah dari H. Didik Suhardi, S.H., M.H., Ph.D.

H. Didik Suhardi, S.H., M.H., Ph.D adalah salah satu tokoh pendidikan  yang sangat dekat dengan keluarga besar Muhammadiyah, dan saat ini menjabat Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2020.

Tanah yang berada di Jalan Tjilik Riwut KM 55 Palangka Raya tersebut dihibahkannya kepada Pimpinan Wilayah (PWM) Kalimantan Tengah.

Ketua PWM Kalimantan Tengah Dr. H. Ahmad Syar’i, M.Pd, mengungkapkan bahwa Masjid Al-Ukhuwah ini dibangun di atas tanah tersebut menghabiskan biaya sekitar Rp. 2.7 M, di atas tanah 4 Ha, yang bersumber dari Keluarga H. Didik Suhardi, SH.,MH.,Ph.D.

"Terima kasih kepada Bapak Didik sekeluarga dan rekan rekannya, semua pihak yang telah mendukung, Insya Allah lokasi ini akan  kami optimalkan untuk kegiatan -kegiatan persyarikatan di Kalimantan Tengah, antara lain dikembangkan sebagai pusat pendidikan atau Muhammadiyah Boarding School kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, dalam tausiahnya Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si menyampaikan apresiasi atas peresmian masjid tersebut.

"Saya atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan selamat atas selesainya pembangunan Masjid Al-Ukhuwah Kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah dan keluarga besar Muhammadiyah Kalimantan Tengah," ujarnya secara virtual

Haedar menambahkan ucapan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak keluarga yang telah menghibahkan tanah tersebut.

(Foto: Masjid Al-Ukhuwah Palangkaraya)

"Terima kasih kepada bapak Didik dan keluarga atas wakaf dan lahan masjid yang megah ini, semoga menjadi amal jariah yang tidak terputus, dan merupakan tiket ke surga," paparnya.

Haedar mengharapkan masjid tersebut dapat bermanfaat sebagai wadah dakwah Islam dan  persyarikatan untuk kebaikan umat, bangsa dan negara.

"Mudah-mudahan masjid ini menjadi masjid yang menyuburkan dan memakmurkan ibadah sekaligus menyebarkan dakwah berkemajuan," tutupnya.

Acara peresmian tersebut diikuti oleh PDM/AUM se Kalimantan Tengah  melalui virtual, selain itu di lokasi  juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S. Hut, MP, Wakil Gubernur Kalteng Periode 2005-2015 H.

Achmad Diran yang juga Penasihat Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Razak, Pimpinan ormas NU, tokoh agama, Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) Dr. Sonedi, M.Pd, Ketua MUI Kalteng yang juga Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag, Ketua LDK PP Muhammadiyah, Dr. Muhammad Ziyad, M.Ag sertà para pejabat dan  tamu undangan lainnya. (Bonni/Ars/Kp)

#MuhammadiyahKalteng #HaedarNashir

Komentar