Meraih Asa di PON Papua, Ferry Wawan Cahyono: Jateng Memiliki Capaian yang Gemilang pada Kancah Olahraga Regional Maupun Nasional

(Foto: wakil ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono "kanan" saat menjadi narasumber dalam dialog “Aspirasi Jateng: Persiapan Jelang PON XX Papua” Selasa, 15 Jun 2021)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Semangat optimisme harus terbangun dalam diri atlet untuk bisa berkompetisi mendulang emas dalam gelaran PON XX di Papua.

Penegasan itu disampaikan wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono saat menjadi narasumber dalam dialog “Aspirasi Jateng: Persiapan Jelang PON XX Papua” yang disiarkan langsung TATV Surakarta, Selasa (15/6/21).

Dalam kesempatan itu, turut menjadi narasumber Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Sinoeng N Rachmadi dan Ketua Umum KONI jateng Brigjen TNI (Purn) Subroto.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng dari fraksi Golkar ini mengungkapkan, Jateng memiliki capaian yang gemilang pada kancah olah raga regional maupun nasional. Pemusatan pelatihan pun dinilai sudah bagus.

Dicontohkan pada PON IX di Jabar saja, Jateng masuk lima besar. Meski target meleset yang semestinya masuk tiga besar, bagi Ferry hal itu tidak masalah.

“Tanamkan semangat berkompetisi secara sehat. Atlet bisa menerjemahkan sebaiknya saat bertanding. Kalau dorongan keras dan semangat yang tinggi, saya rasa perangking menjadi hal mudah didapat. Pun dengan perolehan emas,” ucapnya.

Sinoeng pun demikian, Gubernur sudah meminta untuk memaksimalkan usaha dalam PON. Targetnya sebenarnya harus masuk tiga besar, namun dengan target realita terutama faktor tuan rumah menjadi parameter lain untuk merebut posisi tiga besar.

Soebroto menyebutkan, PON Papua nanti tergolong memiliki tantangan tersendiri baik pada anggaran maupun secara personalitas (atlet). Untuk ke Papua saja harus memberangkatkan 835 orang terdiri atas 446 atlet dan sisanya ofisial.

Pada PON nanti pun, Jateng mengincar 44 emas. Target medali emas itu diharapkan didulang dari tujuh cabang olahraga (cabor) unggulan.

Apakah dengan demikian target masuk tiga besar tercapai? Soebroto menyatakan dengan melihat hasil pada PON Jabar dengan menampati rangking keempat, diharapkan tiket tiga besar bisa didapat.

Namun sebagaimana aturan, tuan rumah memiliki “wild card” pada posisinya termasuk bisa menentukan cabor pilihan maka persaingan menjadi ketat. (red)

#FerryWawanCahyono

Komentar