Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Periode 2021-2023 Kabupaten Pati Dilantik

(Foto: Korbid Dikdasmen PDM Pati Karsiman melantik kepengurusan FGM Pati di 

Kabarpatigo.com - KAYEN - Bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 3 Kayen berlangsung pelantikan pengurus Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Kabupaten Pati periode 2021-2023, Minggu (13/3/22).

Acara pelantikan juga diisi Seminar Nasional bertajuk “PPDB Abnormal Naik 200 Persen". Acara ini diikuti oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan beberapa perwakilan guru sekolah Muhammadiyah Kabupaten Pati

Sebelum acara dimulai, ada beberapa penampilan siswa-siswi diantaranya musikalisasi puisi oleh Izzatul Arwa Jannah kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Sukolilo yang membawakan puisi berjudul “Guru di Masa Perubahan”, rebana dan paduan suara dari siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Kayen dan SMA Muhammadiyah 3 Kayen.

Dalam sambutannya Karsiman selaku Koordinator Bidang Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (Korbid Dikdasmen PDM) Kabupaten Pati berharap pengurus FGM yang dilantik dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya.

Tidak hanya sekedar kumpul-kumpul tetapi ada aksi nyata yang dilakukan. Beliau juga berharap dengan adanya seminar nasional ini dapat memberi strategi PPDB kepada sekolah Muhammadiyah Kabupaten Pati sehingga sekolah-sekolah tersebut memperoleh peserta didik baru dalam jumlah besar.

Seminar pendidikan ini diisi pemateri H. Pahri, S.Ag, MM. dan dipandu oleh Triyono, S.Pd Kepala SMP Muhammadiyah 3 Sukolilo.

Pahri berbagi pengalamannya dalam mengelola SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondang Legi, Malang, selama 14 tahun. Jumlah siswa yang awalnya hanya 300 kini mencapai 2.600 siswa.

Materi yang disampaikan antara lain PPDB abnormal dan langkah-langkah yang dapat diterapkan.

Menurutnya sekolah butuh strategi abnormal atau tidak normal untuk mendapatkan jumlah siswa yang banyak dalam PPDB.

"Ada empat hal yang harus dimiliki sekolah yaitu Dream (Mimpi), Innovation (Inovasi), Branding (Keunggulan/pembeda), Marketing (Pengenalan/promosi)," terang Pahri.

Untuk strategi yang dapat diterapkan antara lain PST (pendaftaran sepanjang tahun), GSB (Gerakan Silaturahim Berjamaah) atau home visit, menjemput siswa, sekolah bersolek, membentuk duta sekolah/direktur PPDB di sekolah jenjang bawahnya, PERSADA (presentasi langsung mendaftar), dan GEMES (gerakan media sosial). (red)

#FGMPati

Komentar