Ini Alasan Safin Beli "Putra Surya Magetan Connection" Klub Liga 3 Asal Magetan

(Foto: owner Safin Pati FC Saiful Arifin)

Kabarpatigo.com - PATI - Komisaris AHHA PS Pati FC, Saiful Arifin, resmi melepas PSG Pati yang kini telah berganti nama menjadi FC Bekasi City.

Saiful pun beralih membeli klub Liga 3 asal Magetan, Putra Surya Magetan Connection. Apa alasan di balik pembelian klub Liga 3 itu?

Safin, sapaan akrabnya, membenarkan telah melepas FC Bekasi City. Menurutnya, promosi Persipa Pati ke Liga 2 membuatnya merasa kurang pas jika Kabupaten Pati memiliki dua klub yang berlaga di kompetisi yang sama.

"Yang Bekasi FC sudah kita lepas karena yang ibaratnya sudah ada kan buat apalagi ya sudah ada," ujar Safin kepada detikJateng, Jumat (3/6/22).

Melepas FC Bekasi City, Safin lalu beralih membeli klub Liga 3 asal Magetan. Klub itu bernama Putra Surya Magetan Connection.

Safin beralasan, setelah Persipa naik ke kasta Liga 2, Pati tak lagi memiliki wakil yang berlaga di Liga 3. Oleh karena itu dia pun memilih untuk membeli klub baru yang menjadi peserta di Liga 3.

"Jadi di Pati, Persipa alhamdulillah sudah masuk di Liga 2, artinya yang mengisi Liga 3 kan tidak ada. Ini sebenarnya saya berharap ada bukan hanya satu klub tapi dua atau tiga Liga 3 yang ada di Pati mereka bisa membuat klub baru untuk membuat kompetisi di Liga 3," jelas Safin yang juga menjabat Wakil Bupati Pati ini.

Menurutnya Liga 3 cocok untuk melakukan pembinaan sepak bola usia muda. Hal tersebut dilakukan untuk mencetak pemain muda yang mewakili di Liga 3.

Apalagi kata dia, pihaknya memiliki pembinaan pemain usia muda dan tempat latihan yang memadai.

"Liga 3 ini tentunya kan liga amatir, ya tentunya mewadahi untuk bisa menguatkan pembinaan yang baik. Tidak mesti menang terus, justru (pemain) usia muda dikasih jenjang itu yang utama. Kalau tidak ada yang mengisi sayang sendiri tidak ada perwakilan di Liga 3," ujar dia.

Safin menjelaskan, usai resmi memboyong Putra Surya Magetan Connection dari Magetan ke Pati, dirinya kini fokus membenahi klub yang kemudian berubah nama menjadi Safin Pati FC itu.

Dia mengatakan akan segera membentuk manajemen dari Safin Pati FC, mulai dari pelatih dan para pemain.

"Kebetulan ada kawan di sana, kan kalau artinya di sana tidak maksimal kenapa tidak dimaksimalkan. Toh ini aturan main dan diperbolehkan tidak melanggar status apapun ya kita lakukan," ucap Safin.

"Pelatih banyak, pemain anak-anak bisa yang usia 17 kan tergantung usia berapa," sambung dia.

Menurut Safin, Safin Pati FC akan lebih fokus dalam pembinaan pemain jangka panjang. Safin Pati FC pun dipastikan akan berkandang di Pati.

"Ini selama jangka panjang, ini kita pembinaan ini yang kurang ada kita siapkan. Kemarin membuat pemacu lah untuk naik, itu kan baik. Akhirnya naik (Persipa naik kasta) setelah naik sayang tidak diisi," pungkas dia. (detikJateng)

#SaifulArifin

Komentar