Bupati : Pencairan BLT DD Tahap Pertama Dilakukan Serentak di 164 Desa.

(Foto : Bupati Haryanto memonitor penyaluran BLT DD tahap pertama di Desa Plumbungan Gabus)

Kabar PatiGo.com - GABUS - Bupati Haryanto bersama Sekda Pati dan sejumlah pejabat terkait, memonitor penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama di tiga desa di Kecamatan Gabus, yakni Gabus, Plumbungan, dan Gempolsari, Jumat (5/6/2020)

Ada sekitar 46 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD di seluruh Kabupaten Pati. Penyaluran bantuan dilaksanakan di balai desa masing-masing. Penerima bantuan diundang langsung untuk menerima dana tunai senilai Rp 600 ribu.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan, hari ini pencairan BLT DD tahap pertama dilakukan serentak di 164 desa.


"Sisanya mudah-mudahan bisa terselesaikan besok pagi. Untuk tahap berikutnya akan kita persiapkan, mudah-mudahan tidak terlalu lama agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat," jelas Bupati Haryanto

Haryanto pun menyebut, sedianya, BLT DD disalurkan untuk bulan April, Mei, dan Juni. Namun, pencairan tahap pertama baru bisa dilakukan awal Juni ini karena harus melalui verifikasi data penerima terlebih dahulu.

"Kalau toh ada keterlambatan, itu bukan karena kesengajaan. Melainkan karena jenis bantuan cukup banyak. Selain BLT DD ini, ada BST, PKH, BLT Pemkab, dan BLT Provinsi. Jadi tujuannya (verifikasi data-red) agar tidak tumpang tindih. Agar tepat sasaran. Setiap orang mendapat satu jenis bantuan, tidak dobel-dobel," papar Haryanto.

Bupati Haryanto menambahkan, mungkin di lapangan masih ada satu-dua orang yang mendapat jenis bantuan lebih dari satu. Namun, pihaknya akan segera menyempurnakan data agar tidak ada lagi tumpang-tindih.

"Terkait bantuan ini, tidak usah saling menyalahkan. Tidak usah saling membuat gaduh di masyarakat. Tujuan adanya bantuan ini adalah berbuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat dalam rangka penanganan pandemi virus corona," tutup Haryanto. (Red)

#BantuanBltPati #BupatiPati #PemkabPati #haryanto

Komentar