Menjaga Kebersihan Diri di Masa Pandemi dengan Cuci Tangan

Oleh ;
Muhammad Nayif Abdillah

Kabarpatigo.com - CLUWAK - Masih tetap stay di rumah, tetap tenang dan memenuhi protokol kesehatan, serta senantiasa berdoa, semoga wabah Covid-19 ini segera berlalu dan semua dapat beraktifitas kembali seperti semula. Sudah tidak asing di telinga dengan hadist Nabi yang artinya "Kebersihan Sebagian dari Iman". 

Di saat pandemi seperti ini memang harus rajin dalam segala hal misal : harus rajin menjaga kebersihan, baik kebersihan pakaian, kebersihan tempat tinggal, dan kebersihan diri kita sendiri utamanya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan mencuci tangan. Banyak sekali orang yang menyepelekan tentang pentingnya mencuci tangan, padahal ini sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan diri, kenapa seperti itu?

Tangan salah satu organ tubuh yang digunakan untuk aktifitas sehari-hari dan merupakan tempat bersarangnya kuman dan penyakit yang bisa melemahkan imunitas tubuh.

Saat tangan kotor dan belum dicuci, bukan tidak mungkin kuman penyakit serta kotoran-kotoran dapat masuk dengan mudah. Tidak membayangkan jika tangan menjadi tempat bersarangnya kuman dan penyakit, terlebih jika kuku panjang-panjang.

Kuman dan kotoran sangat mudah bersarang pada sela kuku yang panjang dan bukan tidak mungkin kuman penyakit tersebut menyerang kedalam diri. Saat tangan digunakan untuk makan misalnya, tidak bisa dibayangkan betapa bahayanya kuman penyakit tersebut. Meskipun bahaya yang ditimbulkan dari tangan yang kotor.

Banyak yang belum tahu bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Berikut tips cara mencuci tangan yang baik dan benar:

1) Pastikan mencuci tangan menggunakan sabun (gunakanlah sabun cair jangan sabun batang karena meminimalisir penyebaran kuman dan penyakit) dan gunakanlah aliran air yang mengalir kemudian basahi telapak tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun kemudian digosok-gosokkan.

2) Gosok punggung tangan kiri bagian luar lalu gosok punggung tangan kanan bagian luar serta gosok sela sela jari bagian luar. Lakukan hal tersebut secara bergantian baik tangan kanan maupun tangan kiri

3) Gosok sela sela jari kiri bagian dalam kemudian lakukan bergantian pada sela sela jari dalam bagian kanan.

4) Gosok ujung kuku bagian kiri kemudian kunci di telapak tangan bagian kanan serta bergantian pada ujung kuku bagian kanan.

5) Gosok ibu jari bagian kanan kemudian lakukan bergantian pada ibu jari bagian kiri.

6) Gosok pergelangan tangan bagian kiri kemudian lakukan bergantian pada pergelangan tangan bagian kanan.

7) Bilas tangan dengan air yang mengalir lalu keringkan tangan.

Sungguh mudah cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya bisa buka tutorial yang menjelaskan tentang cuci tangan yang baik dan benar.

Mari bersama-sama budayakan hidup bersih, sehat agar semua terhindar dari kuman penyakit, semoga bermanfaat untuk pembaca.

Dengan tetap menjaga kesehatan di rumah, selalu keep healty stay di rumah, memenuhi protokol kesehatan dan selalu berdoa.
Semoga pandemi ini segera berakhir dan keadaan membaik seperti sedia kala. (*)

* Mahasiswa IPMAFA Margoyoso Kajen Margoyoso Pati

#Covid-19

Komentar