Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Perempuan, Anggota DPRD Jateng: Perempuan Bekerja Hanya Pilihan, Bekerja atau Tidak

(Foto: Anggota DPRD Jateng Supriyanto memberikan materi kewirausahaan perempuan di Balai Desa Pesucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, Kamis 25 Feb 2021)

Kabarpatigo.com - TRANGKIL - Dalam upaya mengatasi kemiskinan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan DPRD Jateng mengadakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) yang ditempatkan di Balai Desa Pesucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, Kamis (25/2/21).

Kepala Dinas yang diwakili Kasi Kualitas Hidup Perempuan DP3AP2KB Provinsi Jateng Melati Diah Pamungkas saat membuka acara pelatihan ini menyampaikan kegiatan ini dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup perempuan, sehingga dapat mandiri.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui kegiatan produktif yang dikerjakan di rumah dengan dukungan anggota keluarga serta mengembangkan industri kreatif yang menjadi kekuatan perempuan dan sekaligus mendorong penguatan jaringan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh perempuan," terangnya.

Pelatihan PPEP ini sebelumnya dibuka dialog kewirausahaan perempuan yang dihadiri oleh Anggota DPRD Jateng sebagai narasumber, Supriyanto (Golkar), Kartina Sukawati (Demokrat), Alwin Basri (PDIP), dan Abdul Aziz (PPP).

Sementara itu Anggota DPRD Jateng Supriyanto juga menyampaikan, pentingnya Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP) dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan pemenuhan hak ekonomi perempuan melalui penguatan produktifitas ekonomi perempuan dalam rangka mengurangi keluarga miskin.

"Negara tidak melarang perempuan untuk bekerja, itu hanya pilihan bekerja atau tidak. Selama ini perempuan identik dengan sumur, dapur, dan kasur. Padahal kalau perempuan bekerja akan mendapatkan tambahan, yang suka anak dan keluarganya," kata Supriyanto.

Supriyanto menambahkan dengan pelatihan ini diharapkan perempuan mampu mengambil keputusan, percaya diri, membanggakan diri sendiri dan keluarga.

Pada kesempatan yang sama pemerintah desa yang disampaikan Kepala Desa Pesucen Wiwit Hadiyanto mengucapkan terima kasi atas terselenggaranya pelatihan ini.

“Trimakasih yang sebanyak-banyaknya pada DP3AP2KB Provinsi Jateng dengan diadakannya kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan, diharapkan pasca kegiatan ini mereka mampu menularkan kepada warga yang lain," kata Kades.

Sasaran dari diselenggarakannya pelatihan ini adalah perempuan marjinal yang meliputi perempuan kepala keluarga dan perempuan yang belum berdaya secara ekonomi namun memiliki kemauan dan keinginan yang kuat untuk mandiri dan menguatkan perekonomian keluarga melalui pengembangan usaha berbasis potensi sumber daya daerah. (aa)

#Supriyanto

Komentar