3 Tips Puasa Di Hari Pertama

(Foto: ucapan selamat Ramadhan 1442 H)

Kabarpatigo.com - Bulan suci Ramadhan 1442 H sudah tiba, setiap umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Dalam berpuasa, setiap yang menjalankannya dilarang untuk makan dan minum mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Tentu saja hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lemas karena tidak terbiasa. Maka dari itu, diperlukan berbagai persiapan agar tubuh bisa beradaptasi dengan cepat.

Dengan begitu, maka Anda pun bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa hambatan. Berikut adalah tips puasa di hari pertama:

1. Perhatikan Menu Sahur

Sahur adalah sebuah aktivitas makan dan minum yang dilakukan pada dini hari untuk persiapan dalam menjalankan puasa.

Pada saat sahur, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat agar aktivitas Anda tidak terganggu pada siang hari.

Adapun makanan yang dianjurkan pada saat sahur adalah makanan yang kaya akan protein, serat, dan vitamin agar efek kenyang lebih lama.

Usahakan untuk menghindari karbohidrat berlebih sebab akan memberikan rasa lapar berkali lipat di siang hari.

2. Perbanyak Minum Air

Ketika hendak tidur malam, usahakan untuk meminum dua gelas air agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik. Lantas, saat sedang sahur, sebaiknya tidak terlalu banyak minum air, tapi secukupnya saja.

Sebab, jika jumlah air terlalu banyak, maka akan menyebabkan perut kembung dan malah memicu tubuh menjadi lemas sehingga aktivitas Anda akan terganggu di siang hari.

3. Istirahat Siang

Jika Anda memiliki rutinitas yang padat, maka sebaiknya berilah waktu istirahat bagi tubuh Anda di siang hari untuk tetap menjaga kondisi agar tidak  lemas.

Pergunakan waktu istirahat sebaik mungkin untuk tidur, walau hanya 30 menit. Sebab, dengan beristirahat siang, tubuh akan lebih bugar serta konsentrasi menjadi lebih baik untuk melanjutkan puasa sampai waktunya berbuka. (ubaya.ac.id)

#Ramadhan1442H

Komentar