Menag Ajak Pemuda Muhammadiyah Kolaborasi Dakwah Keumatan dan Kebangsaan

(Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto saat di Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di Manado Sulut, 4 Apr 2021)

Kabarpatigo.com - MANADO - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengajak para Pemuda Muhammadiyah berkolaborasi bersama dengan Kementerian Agama dalam dakwah keumatan dan kebangsaan.

Ajakan tersebut, disampaikan Gus Menteri, saat menjadi pembicara di Kuliah Umum Literasi Kebangsaan Tanwir I Pemuda Muhammadiyah dengan tema ‘Pendidikan Multikultural Dikalangan Generasi Milenial di Era Digital’, yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (4/4/21).

Kuliah Umum bersama Gus Menteri ini, digelar Pemuda Muhammadiyah secara luring dan daring. Hadir mendampingi Gus Menteri, Kakanwil Kemenag Sulut, Anwar Abubakar, Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, dan Stafsus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo.

“Saya sangat senang dan mencintai Pemuda Muhammadiyah, dan saya mengajak untuk berkolaboraai bersama Kementerian Agama dalam dakwah keumatan dan kebangsaan,” kata Menag di hadapan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, dan perwakilan Pemuda Muhammadiyah se Indobesia yang hadir mengikuti Tanwir I Pemuda Muhammadiyah.

Menag Melanjutkan, dalam upaya mengatasi problem keumatan, harus diperkuat dengan literasi keumatan melalui dakwah tanpa ada saling menyalahkan.

“Dengan kolaborasi, problem keumatan akan lebih mudah diatasi. Saya menaruh harapan besar kepada PP Pemuda Muhammadiyah agar mengambil peran dalam program dakwah keumatan dan kebangsaan ini,” jelas Menag.

Menurut Menag, dakwah saat ini harus menyesuikan dengan perkembangan zaman, yaitu digitalisasi. Berbeda dengan dulu, di mana dakwah disiarkan dari kampung ke kampung.

“Dakwah kita harus menyesuaikan dengan era digital seperti media sosial dan menyiapkan sumberdaya manusia dan infrastruktur. Saya kembali menegaskan, tidak ada kelompok yang klaim paling memiliki bangsa ini, apakah itu Muhammadiyah, NU, dan ormas keagamaan lainnya. Semua sama telah berjuang dan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia,” ucap Menag.

Gus Menteri menegaskan bahwa, Kemenag siap berkolaborasi dengan Pemuda Muhammadiyah lewat berbagai program yang bisa disinergikan, mulai dari program kemaslahatan umat, pendidikan, beasiswa, pesantren, dan program lainnya.

“Ke depan kita bisa bertemu lagi dan menyusun program kerjasama ini agar terstruktur. Dan program ini tidak hanya terbuka di Kemenag melainkan di kementerian lainnya. Wajah masa depan Muhammadiyah tergantung dari geliat dan peran dari Pemuda Muhammadiyah,” tutup Menag. (red)

#PemudaMuhammadiyah

Komentar

  1. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya pertama kali memperkenalkan saya ke perusahaan ALL GLOBAL HADIAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di telepon saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(301)971-4445
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus

Posting Komentar