Ramadhan Sehat dan Aman Dari Muhammadiyah

(Foto: info kajian MCCC PP Muhammadiyah)

Kabarpatigo.com - YOGYAKARTA - Menyambut bulan Ramadhan tahun 1442 H/2021 ini, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) kembali menyelenggarakan rangkaian Pengajian Ramadhan 1442 H dengan tema "Ramadhan Sehat dan Aman”.

Pengajian ini akan disiarkan setiap hari secara live di TV Muhammadiyah pukul 17.00-17.30 wib. Dan akan dibuka serta diawali oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nasir. 

Demikian disampaikan oleh Budi Santosa, Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Publikasi MCCC PP Muhammadiyah.

Program ini adalah kerja sama antara MCCC PP Muhammadiyah dengan Lazismu dan TV Mu untuk menyemarakkan Ramadhan 1442 H yang tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Pemateri nantinya adalah para ketua PP Muhammadiyah serta ketua majelis dan lembaga,” katanya.

Budi Santosa menambahkan tema sengaja “Ramadhan Sehat dan Aman” dipilih untuk tahun ini.

“Berbeda tahun kemarin kami pilih tema “Ramadhan di Rumah Saja” karena memang tahun kemarin kondisi situasi mengharuskan kita semua untuk menahan diri tetap tinggal dirumah. Tahun ini karena sosialisasi yang gencar, warga sudah memahami protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 maka dipilih tema tersebut,” imbuhnya.

Dengan pemahaman tersebut, menurut Budi Santosa maka MCCC ingin mengajak warga masyarakat untuk menjalani Ramadhan tahun ini dengan sehat dan aman.

“Pilihan ini mengharuskan warga yang akan beribadah di bulan Ramadhan untuk tetap menegakkan protocol kesehatan dengan ketat sehingga berlangsung dengan aman dari paparan covid 19 dan sehat secara fisik dan mental,” jelasnya.

PP Muhammadiyah sendiri sudah mengeluarkan panduan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini beberapa waktu yang lalu.

Dalam panduan tersebut PP Muhammadiyah menyatakan ibadah Ramadhan seperti Tarawih boleh dilaksanakan secara berjamaah dengan pembatasan jamaah maksimal 30 % dari kapasitas daya tamping tempat ibadah, jaga shoft/jarak, menggunakan masker dan penegakkan protokol kesehatan lainnya.

Untuk lingkungan yang menunjukan angka penyebaran covid-19 tinggi maka dianjurkan pelaksanaan ibadah di rumah masing masing.

MCCC sendiri sebagai pelaksana tugas penanggulangan Covid-19 dari Muhammadiyah sampai kini terus aktif mendukung pemerintah dan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Terkini, MCCC PP Muhammadiyah mendukung gerakan vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah dengan menyelenggarakan vaksinasi untuk jajaran pimpinan, warga Muhammadiyah dan masyarakat umum di berbagai tempat seperti di Yogyakarta, Jakart dan terakhir Medan. (red)

#MCCCMuhammadiyah

Komentar