Wujudkan Pioner Penggerak Dakwah Di Kalangan Pelajar Muhammadiyah

(Foto: Suasana penyampaian materi Pelatihan Da’i Pelajar (PDP I) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Pati, Sabtu, 24 Apr 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Pandemi tidak menyurutkan semangat pergerakan pelajar untuk terus melakukan perkaderan di kalangan pelajar.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan salah satu ortom Muhammadiyah yang mengemban misi dakwah amar ma’ruf nahi munkar di kalangan pelajar tentu berkewajiban melaksanakan kegiatan-kegiatan dakwah dan keislaman dimanapun ia berada baik di tingkat ranting, cabang, daerah, pusat.

IPM sebagai penyeru dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan pengembang Muhammadiyah di kalangan pelajar, memiliki peran penting untuk merangkul kader muda agar menjadi sosok yang mampu berkontribusi untuk persyarikatan.

Membaca hal tersebut, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Pati berupaya mewujudkan wacana tersebut dengan menggelar Pelatihan Da’i Pelajar (PDP I).

Pelatihan digelar selama tiga hari mulai tanggal 23 s.d 25 April 2021 dan dilaksanakan di ruang pertemuan Muhammadiyah Pati, Sabtu (24/4/21).

Peserta pelatihan berasal dari Asrama Putri Aisyiyah, Asrama Putra, IPM SMP Muhammadiyah 1 Pati, IPM SMK Muhammadiyah 1 Pati, dan IPM SMA Muhammadiyah 1 Pati. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 15 orang.

Kegiatan ini juga menggandeng Majelis Tabligh dan Tarjih Muhammadiyah (MTT) Kabupaten Pati yang dalam hal ini akan mewadahi Da’i/ Da’iyah para extrainner pada pelatihan ini.

Dalam sambutannya ketua IPM Kabupaten Pati oleh IPMawati Elsa berharap bahwa kegiatan ini dapat mencetak da’i pelajar di kakangan pelajar.

"Kegiatan ini dapat mencetak da’i pelajar yang berani dan berkompeten serta mampu menjadi pionir penggerak dakwah di kalangan pelajar," harap Elsa.

Selain menjadi pionir penggerak dakwah di kakangan pelajar, menurut Elsa setelah adanya pelatihan akan terbentuk forum sebagai wadah dalam strategi dakwah.

"Pasca pelatihan ini dapat terbentuknya forum Da’i Muda Muhammadiyah sebagai wadah pengembangan diri ketika sudah menyandang sebagai seorang Da’i," imbuhnya.

Sementara itu Ahmad Syarif, S.ThI selaku dari Majelis Tabligh dan Tarjih Muhammadiyah Pati menyampaikan kegiatan ini dapat terus diistiqomahkan oleh IPM.

"Dengan adanya pelatihan Da'i ini harapannya bisa menjadi kawah candradimuka para penggerak dakwah khususnya kalangan pelajar," tutur Syarif. (kp/Elsa)

#IkatanPelajarMuhammadiyahPati

Komentar