Gelar Pesantren Ramadhan, SD Muhati Adakan Wisuda Tahfidz dan Tilawati Dilanjutkan Berbagi 1.655 Takjil

(Foto: tausyiah di kegiatan pesantren Ramadhan SD Muhari)

Kabarpatigo.com - PATI - SD Muhammadiyah Pati yang saat ini lebih akrab dengan SD Muhati, mengadakan kegiatan pesantren Ramadhan untuk seluruh peserta didik secara virtual dikarenakan situasi masih Pandemi Covid-19, Jumat (7/5/21).

Puncak acara Pesantren Ramadan yang dilakukan selama dua hari Jum'at-Sabtu, 7-8 Mei 2021 dilengkapi dengan berbagi takjil, Wisuda Tahfidz juz 30 dan Tilawati serta Kajian Ramadhan.

"Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan serta peningkatan Iman dan Taqwa untuk seluruh peserta didik dan civitas akademika SD Muhati pada bulan Ramadhan 1442 H," kata Ust. Edi Sutarno, S. Pd. selaku waka bidang ISMUBA.

Wisuda digelar secara Virtual, diikuti oleh 27 siswa serta disaksikan oleh seluruh peserta didik melalui zoom tetapi kusus peserta wisuda hadir di sekolah tentunya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

(Foto: wisudawan siswa SD Muhati)

Kegiatan Wisuda merupakan apresiasi kepada Wisudawan dan Wisudawati yang telah berusaha keras mengikuti ujian Tahfidz dan Tilawati yang dinyatakan lulus oleh tim penguji, baik dari internal sekolah maupun dari tim penguji TEC Kabupaten Pati beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotifasi peserta didik yang lain untuk tetap semangat mengaji dan menghafal Al Qur'an di segala situasi dan kondisi.

Acara digelar dengan sangat sederhana dengan dekorasi yang sebagian besar berbahan kardus bekas yang disulap menjadi penghias yang sangat indah, acara tetap berlangsung dengan khidmat.

"Dengan kesederhanan tersebut  sekolah mengajarkan kepada siswa siswi akan pentingnya berinovasi dan berkreasi di segala kondisi kepada peserta didik apalagi dalam situasi Pandemi," tutur Ust. Animatus Zulfa, S.Pd. selaku seksi dekdok acara Ramadhan Ceria tahun ini.

Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, SD Muhati juga mengadakan kegiatan berbagi 1.655 takjil. Awalnya sekolah merencanakan berbagi seribu takjil, tetapi ketika agenda tersebut disampaikan ke pengurus paguyuban kelas ternyata respon dan kontribusi wali murid SD Muhati sungguh di luar dugaan, bahkan ketika rencana bagi takjil sudah ditutup masih saja ada yang berkontribusi sehingga total takjil yang dibagikan adalah 1.755 bungkus.

"Ini luar biasa meskipun pandemi SD Muhati tetap berbagi, semoga membawa berkah untuk semuanya," kata Drs. Gatot Wijyanto, M. Pd, selaku ketua Majelis Dikdasmen PDM Pati saat melepas tim pendistribusian takjil yang dikoordinatori ust Arif Setiawan, S. Pd.

(Foto: kepala sekolah SD Muhati Sunarto)

Pendistribusian takjil ditujukan ke masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan dan ke masjid-masjid terdekat yang mengadakan kegiatan buka bersama.

Kegiatan pesantren Ramadan virtual diakhiri dengan kajian Ramadan bersama sekretaris PDM Kab. Pati H. Taufik, S.Mn tentang menyambut Lailatul Qadar dengan moderator yang sudah familier Ust. Mustafa Kamal Ali, S.Pd.

Kajian dilakukan secara virtual di studio SD Muhati melalui zoom dan live Youtube dengan desain yang luar biasa serasa tampil di televisi ternama, karena didukung tim IT yang handal yang dikoordinatori oleh ust Feri Ariyanto, S.Pd.

"Sekolah mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada segenap Civitas Akademika Ustadz dan Ustadzah, seluruh wali Murid SD Muhati yang telah nersama-sama bekerja keras dalam mensukseskan acara tersebut," pungkas Kepala Sekolah SD Muhati, Ahmad Sunarto, S. Pd.I. (red)

#SDMuhati

Komentar