Oktober Liga 3 Jateng Digelar, Asprov PSSI Jateng Sosialisasi Peserta Liga 3

(Foto: Liga 3)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Liga 3 Jateng akan digulirkan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng pada Oktober mendatang.

Induk organisasi tersebut telah melakukan sosialisasi kepada 20 perwakilan klub calon peserta Liga 3 Jateng, beberapa waktu lalu.

Mereka adalah selaku wakil dari Tim ISP Purworejo, PSDB Demak, Perinka FC, Persikaba Blora, PS. Ebod Jaya, Slawi United, Persika Karanganyar, PSIR Rembang.

Kemudian, Persibas Banyumas, Persipur Purwodadi, Persab Brebes, PSD Demak, Persipa Pati, Persebi Boyolali, Persiku Kudus, Persekap Kab. Pekalongan, PSIP Pemalang, Persitema Temanggung, Persik Kendal dan Bhayangkara Muda FC.

Diharapkan, kompetisi yang tak terlaksana pada 2020 itu bisa berjalan sesuai rencana dan dengan protokol kesehatan.

Ketua Asprov PSSI Jateng Edi Sayudi mengatakan, penyelenggaraan Liga 3 Jateng ini sesuai amanah kongres biasa yang dilaksanakan pada Juni lalu.

''Liga 3 ini bergulir sesuai harapan klub. Liga tidak bisa terlaksana pada 2020 lalu. Sudah komitmen kami untuk menggelar kompetisi pada 2021 ini. Sehingga pembinaan bisa berjalan,'' tutur Edi di Semarang, Kamis (5/8/21).

''Ada tahapan yang harus dilalui oleh klub peserta. Setelah sosialisasi, salah satunya adalah administrasi pendaftaran mulai 10 hingga 31 Agustus ini. Kami harap klub segera mempersiapkan diri,'' jelas dia.

Komite Kompetisi Asprov PSSI Jateng Fani Adi Nugroho mengatakan, setelah proses pendaftaran pada September akan dilakukan verifikasi, manager meeting, workshop, dan pendaftaran pemain-ofisial.

''Proses pendaftaran pemain dan ofisial melalui sistem SIAP. Untukkick off rencananya dimulai pada 2 Oktober nanti. Kami akan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan Satgas Covid-19. Ini menjadi faktor terpenting pelaksanaan Liga 3 Jateng,'' tandas Fani.

Wakil Operator Kompetisi Agus Hanifudin menambahkan, sistem dan mekanisme musim ini berbeda dengan sebelumnya.

Pada 2021 ini menggunakan home tournament dan tanpa penonton. Aturan ini menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Pihaknya akan mengupayakan semua laga disiarkan secara  live streaming  atau setidaknya siaran tunda.

''Jika peserta mencapai 20 klub, ada empat tahapan pada Liga 3 ini. Yakni fase grup, delapan besar, semifinal, dan final. Kami akan membagi menjadi emapt grup. Peringkat pertama dan runner up berhak ke delapan besar,'' paparnya.

Babak delapan besar, akan dibagi menjadi dua grup. Seperti fase grup, peringkat pertama dan kedua melaju ke semifinal.

''Kami tetap mempertimbangkan jumlah pertandingan yang harus dilalui oleh setiap klub. Sehingga nuansa kompetisi terpenuhi,'' tandasnya. (suaramerdeka.com)

#Liga3Jateng

Komentar