Bingung Cari Keris? Pati Punya Omah Keris

(Foto: Omah Keris Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya dan menjaga tradisi leluhur, salah satu seniman Pati penggiat Tosan Aji Samadi, mendirikan padepokan yang diberi nama Omah Keris Pati (OKP).

Keris merupakan mahakarya luar biasa. Peninggalan asli Nusantara yang diwariskan sejak zaman nenek moyang dan diakui dunia. Untuk membuat sebilah keris, empu menggunakan kemampuan cipta, rasa, dan karsa mereka.

Menurut owner Omah Keris Pati (OKP) Samadi, berdirinya Omah Keris Pati dilatarbelakangi dengan minimnya kebutuhan atau perlengkapan Tosan Aji di wilayah Pati.

"Adanya Omah Keris Pati untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan perabot Tosan Aji di sekitaran Pati dan sekitarnya, yang selama ini di Pati belum banyak yang menyediakan perabot Tosan Aji," ungkap Samadi.

Padepokan Omah Keris Pati berdiri belum genap satu tahun, tepatnya pada tanggal 12 oktober 2020, dengan alamat di Jl. Ronggowarsito no 25 Desa Plangitan Pati.

"Tujuan utama OKP melestarikan Tosan Aji khususnya di Pati, menambah guyub rukun sesama penggiat budaya utamanya Tosan Aji," katanya.

(Foto: Para penggiat Tosan Aji bertemu di Omah Keris Pati)

Samadi mengungkapkan penggiat Tosan Aji di Kabupaten Pati cukup banyak, namun mereka belum terakomodir akan kebutuhan terutama lokasi untuk mempertemukan antar penggiat Tosan Aji.

Omah Keris Pati bagi Samadi dapat menjadi solusi tempat bertemunya penggiat Tosan Aji di Kabupaten Pati.

"Kelompok atau paguyuban Tosan Aji di Pati kita rangkul semua, jadi lebih ke umum kalangan masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan perlengkapan pusaka atau tosan aji," terang Samadi.

Dalam melayani kebutuhan masyarakat akan keris dan perlengkapan lainnya, Omah Keris Pati juga melayani pembelian online dan pembelian di tempat, serta melayani perawatan, warangan bahkan konsultasi seputar tosan aji.

"Kita menyediakan warangka keris, pendok, mendak, tunjung tombak, landeyan tombak, minyak keris, jagrak keris, kotak pusaka, singep/sarung keris. Dan masih banyak lagi," sebut Samadi.

"Semoga Tosan Aji di Pati lebih maju dan tidak menganggap keris sebagai benda yang dikeramatkan dan dianggap musyrik," pungkasnya. (aa)

#OmahKerisPati

Komentar