Rapat Panitia Pemilihan Musywil ke 48 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Menetapkan 72 Bakal Calon

(Foto: Panitia Pemilihan menetapkan 72 bakal calon Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng pada Musywil ke 48)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Sebanyak 73 nama bakal calon Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah telah resmi ditetapkan panitia pemilihan (panlih) dalam perhelatan akbar Musyawarah Wilayah (Musywil) PWM Jawa Tengah ke-48 di Kota Tegal 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekretaris PWM Jawa Tengah Dr. Wahyudi M.Pd yang juga ketua panlih Musywil.

Namun dari ke 73 nama hasil usulan dari PDM se Jawa Tengah dan AMM tingkat Jawa Tengah, terdapat satu nama yang sudah meninggal dunia, sehingga saat ini terdapat 72 nama bakal calon PWM Jawa Tengah.

Wahyudi menambahkan surat pernyataan kesedian dicalonkan sudah mulai dikirmkan ke para bakal calon. Panlih memberikan batas akhir pengembalian surat kesediaan dicalonkan pada tanggal 13 Januari 2023.

Apabila pada tanggal tersebut tidak mengembalikan surat kesediaan dicalonkan, maka dianggap tidak bersedia dicalonkan sebagai calon pimpinan.

Baca Juga: Berikut Ketua Umum dan Sekretaris Umum Nasyiatul Aisyiyah Periode 2022-2026 Hasil Muktamar ke 14 di Bandung

Selanjutnya Musyawarah Pimpinan (Musypim) akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2023 yang tempatnya belum ditentukan.

"Persiapan Musywil, sudah kami koordinasikan dengan PDM Kota Tegal, baik untuk acara pra Musywil, pembukaan, dan Musywil," ujar Wahyudi.

Musywil yang digelar tanggal 3-5 Maret 2023 di Kota Tegal diharapkan dapat berjalan sukses, lancar, aman, menghasilkan keputusan yang bermanfaat, serta menggembirakan.

"Kami mohon dukungan kepada semua pihak untuk kesuksesan acara Musywil mendatang," pungkasnya.

Sementara Ketua PWM Jawa Tengah Dr. Tafsir M.Ag menegaskan, pelaksanaan Musywil bukan sekedar rutinitas, namun juga sebagai momen konsolidasi Muhammadiyah se Jawa Tengah.

"Kehadiran Pimpinan Muhammadiyah dari tingkatan wilayah, daerah, cabang sampai ranting serta AMM di Kota Tegal  memiliki peran penting sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi Muhammadiyah Jawa Tengah pasca Muktamar ke 48 di Solo beberapa waktu yang lalu," ujar Tafsir.

Menanggapi pelakasanaan Musywil yang diantara agendanya adalah memilih pimpinan Muhammadiyah Jawa Tengah yang baru, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Tengah Untung Prasetyo Ilham berharap agar PWM Jawa Tengah yang baru nanti merupakan kader Muhammadiyah 24 karat.

"Muhammadiyah semestinya dipimpin oleh beliau-beliau yang yang punya waktu untuk mengurus persyarikatan dan ummat. Tidak cukup kalau hanya pintar dan benar, tetapi juga harus kober. Maksudnya kober adalah  punya waktu untuk mengurus Muhammadiyah secara sungguh-sungguh dan serius," ujar Untung.

Selain itu Untung juga berharap pimpinan memiliki integritas yang tinggi, tidak menjadikan Muhammadiyah sebagai tempat mencari makan, serta tidak menjadikan jabatan tersebut sebagai batu loncatan untuk menjadi pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Sementara itu hasil penelusuran redaksi, diperkirakan 72 bakal calon tersebut antara lain Dr. Tafsir, Wahyudi M.Pd, dr. Shofa Chasani, beberapa  PDM, beberapa ketua majelis/lembaga, dan tokoh Muhammadiyah lainnya. (red)

#MuhammadiyahJateng

Komentar