Berbicara Organisasi Kemasyarakatan, Supriyanto: Selain sebagai Kontrol Sosial, Ormas juga Mempunyai Fungsi Kontrol Demokrasi

(Foto: anggota DPRD Provinsi Jateng Supriyanto saat menjadi narasumber dalam acara Kesbangpol Provinsi Jateng di ruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati, Sabtu 25 Feb 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Badan Kesbangpol Provinsi Jateng gandeng Badan Kesbangpol Kabupaten Pati mengadakan kegiatan Peningkatan Pemberdayaan Ormas dalam Rangka Penanganan Masalah Sosial Kemasyarakatan.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah provinsi menjaga dan meningkatkan pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan dalam menangani masalah sosial di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan Peningkatan Pemberdayaan Ormas dalam Rangka Penanganan Masalah Sosial Kemasyarakatan dilaksanakan di ruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati pada hari Sabtu (25/2/23).

Baca Juga: Pemilu 2024 Golkar Jateng Optimis Meraih Suara Terbanyak

Sebagai narasumber kegiatan tersebut Kesbangpol Pemprov Jateng menghadirkan tiga anggota DPRD Provinsi Jateng, Supriyanto, Endro Dwi Cahyono, dan Tazkiyatul Muthmainnah.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pati Sugiyono membacakan pidato sambutan dari Kepala Kesbangpol Pemprov Jateng dihadapan peserta pertemuan.

Dalam isi pidato yang dibacakan bahwa keberadaan ormas sebagai salah satu wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi, mengapresiasikan pikirannya di tengah masyarakat bangsa, negara sangat bermanfaat untuk mengemukakan hati nuraninya, menyampaikan segala permasalahan guna mendukung pelaksanaan pembangunan.

Pembangunan tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi atau peran aktif masyarakat termasuk keberadaan ormas sebagai sarana komunikasi sosial secara timbal balik antara anggota dan atau antar ormas dengan organisasi kekuatan sosial politik, kekuatan perwakilan rakyat.

Sementara itu anggota komisi C DPRD Provinsi Jateng Supriyanto dari fraksi Partai Golkar dengan keberadaan Ormas sebagai partner pemerintah dalam kontrol sosial harus mempunyai identitas jelas dan tertulis di pemerintahan dalam hal ini Kesbangpol.

"Sebagai kontrol sosial dalam pembangunan Pemerintah, Ormas itu ya harus terdaftar di pemerintahan melalui Kesbangpol atau memeilik SKT (Surat Keterangan dan Terdaftar)," ujar Wakil Ketua Pemenangan DPD Partai Golkar Provinsi Jateng.

Sebagai perwakilan rakyat di legislatif, ia juga membutuhkan keberadaan Ormas di tengah masyarakat. Apalagi dalam hajatan demokrasi, keberadaan Ormas sangat dibutuhkan, karena fungsi Ormas sendiri sebagai kontrol demokrasi.

"Saya butuh Ormas. Sebelum dan sesudah jadinya saya sebagai perwakilan rakyat adalah peran dari Ormas, bagi saya Ormas adalah kontrol demokrasi," pungkas Supriyanto. (aa)

#Supriyanto

Komentar