Muhammadiyah: Host Piala Dunia U-20 Penting tapi Jangan Saling Menyalahkan

(Foto: Trophy Piala Dunia)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - PP Muhammadiyah meminta warga menyikapi secara jernih perihal keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Muhammadiyah mengimbau semua pihak tidak saling menyalahkan.

"Masyarakat hendaknya menyikapi keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 dengan jernih dan kepala dingin. Terlepas dari adanya kelompok yang pro dan kontra, Pemerintah dan PSSI telah berusaha maksimal. Keputusan akhir tetap di tangan FIFA. Tidak perlu saling menyalahkan," kata Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada wartawan, Kamis (30/3/23).

Baca Juga: Melalui Kemenko PMK, Pemerintah Revisi Cuti Bersama Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Mu'ti mengatakan status tuan rumah Piala Dunia U-20 tentu akan membuat bangga Indonesia. Namun, kata Mu'ti, keutuhan bangsa lebih utama dalam momentum saat ini.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu sangat penting dan membanggakan. Tetapi, keutuhan dan persatuan bangsa jauh lebih penting dan sangat diperlukan, terutama menghadapi tahun politik 2024," ujar Mu'ti.

Menurut Mu'ti, Indonesia perlu waktu lama untuk kemungkinan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dia mendorong reformasi sepakbola Indonesia agar bisa bersaing dengan negara lain.

"Yang mendesak dan tidak kalah pentingnya adalah membenahi sepakbola di dalam negeri sehingga timnas Indonesia bisa berprestasi di perhelatan sepakbola dunia. Walaupun tidak setara, berprestasi di pentas dunia tentu tidak kalah membanggakan dan membahagiakan dibandingkan menjadi tuan rumah Piala Dunia," ujar Mu'ti.

Diketahui, FIFA mengambil keputusan terkait polemik Piala Dunia U-20 di Indonesia. FIFA menyatakan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Keputusan tersebut setelah Ketua PSSI Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, Rabu (29/3/23).

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan di situs resmi FIFA.

Namun FIFA belum mengumumkan negara yang akan bertindak sebagai tuan rumah menggantikan Indonesia. FIFA memastikan jadwal Piala Dunia U-20 tidak berubah. (detikNews)

Komentar