Bikin Bising dan Meresahkan Warga, Ratusan Motor Berknalpot Brong Diamankan Satlantas Polresta Pati

(Foto: Polresta Pati amankan ratusan motor berknalpot brong, Senen 24 Jul 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dianggap meresahkan warga, Satuan lalu lintas Polresta Pati, Jawa Tengah, merazia ratusan motor berknalpot brong. Motor mereka pun diamankan ke Unit Laka Polresta Pati beserta ratusan knalpot tidak sesuai standar.

Polresta Pati melaksanakan operasi patuh candi 2023 dimana salah satunya menertibkan kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar.

Dalam razia motor knalpot brong, Satlantas Polresta Pati menindak 378 pelanggaran knalpot bising selama 14 hari pelaksanaan operasi.

"Selama Operasi Patuh Candi 2023 Ada beberapa  sasaran sasaran yang perlu kita lakukan selain kegiatan edukatif preemptif, juga ada kegiatan penegakan hukum. Salah satunya adalah balapan liar dan penggunaan knalpot brong atau kendaraan yang tidak sesuai spek," kata Kasat Lantas Polresta Pati, Kompol Asfauri, Senin (24/7/23).

Baca Juga: Tiga Pelaku Pembacokan di Sukolilo Pati Akhirnya Tertangkap, Masih di Bawah Umur

Sepeda motor yang terjaring razia selanjutnya dibawa ke Unit laka Satlantas Polresta Pati. Sepeda motor dengan knalpot yang tidak standar dicopot dan diamankan sebelum dimusnahkan.

"Apabila kita temukan kendaraan yang tidak sesuai spek atau knalpot brong tentunya akan kami tindak yang sesuai SOP dengan tilang.Kemudian kendaraan yang kita amankan apabila nanti para pelanggar ini sudah mengikuti jalannya sidang, tentunya akan kita kembalikan dengan syarat mengembalikan motor sesuai standar," imbuhnya.

Kompol Asfauri menyatakan bahwa penindakan knalpot brong akan terus dilakukan secara masif. Satlantas Polresta Pati telah membentuk satgas khusus yang bertugas melakukan hunting setiap hari.

"Kita membentuk satgas khusus yang setiap hari akan melakukan hunting. Ini kami lakukan karena penggunaan knalpot brong yang bising dan memekakan telinga sangat meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu salah satu pelanggar, Pramono mengaku kapok setelah terjaring razia. Pramono mengapresiasi upaya kepolisian terkait sosialisasi penggunaan knalpot berstandar.

"Ya, saya menyadari knalpot brong ini mengganggu masyarakat umum. Ya efek jera pasti ada karena sikap tegas dari Polresta Pati siap siaga 24 jam. Ya kapok pakai knalpot saya," ujar dia.

Diketahui, Operasi Patuh Candi 2023 berlangsung selama 14 hari. Terhitung mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023. (tvOnenews.com)

Komentar