Masuki Tahun Politik, Pramuka Diharapkan Jadi Garda Terdepan Penjaga Persatuan

(Foto: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Anggota DPRD Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati saat di upacara ulang tahun Pramuka ke 62 di Lapangan Desa Purworejo Margoyoso, Senin 14 Agu 2023)

Kabarpatigo.com - MARGOYOSO - Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, menghadiri Upacara Hari Pramuka ke-62 di Lapangan Desa Purworejo, Kecamatan Margoyoso, Senin (14/8/23)

Upacara tersebut bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan Jambore Tingkat Ranting yang diselenggarakan sejak hari Minggu, dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin persahabatan antar anggota pramuka siaga, penggalang hingga penegak di wilayah kwartir ranting Margoyoso.

Turut hadir bersama dengan Pj Bupati, Kapolresta Pati dan Kepala Staf Kodim. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Camat Margoyoso, Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pati, Kakak Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Margoyoso, serta para anggota Pramuka Siaga, Penegak dan Penggalang.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh Pj Bupati Pati, disebutkan bahwa Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan mendukung program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

Pernyataan tersebut sejalan dengan tema peringatan Hari Pramuka ke-62, yaitu mewujudkan Pramuka dengan sumber daya manusia profesional dan proporsional yang berwawasan kebangsaan.

Baca Juga: Belasan Desa di 5 Kecamatan Pati Mengalami Kekeringan

Henggar juga menambahkan bahwa wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur.

(Foto: kabarpatigo)

Selain itu, tetap penanaman nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara juga perlu ditingkatkan, dimana perilaku tersebut dapat tercermin melalui hal-hal yang diajarkan dalam gerakan Pramuka.

"Terlebih kita akan memasuki tahun politik, Pramuka menjadi pioneer dan harus menjadi garda terdepan untuk tetap menjaga kesatuan," tegas Pj Bupati.

Henggar pun memaparkan isu penting dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini, dimana harus diakui bahwa jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan Pramuka, khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka masih sangat terbatas.

"Oleh karena itu, perlu ada peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka," tambahnya.

Dalam amanatnya, Henggar juga menyampaikan ucapan Hari Pramuka dan  ucapan terima kasih kepada para orang tua yang telah mendukung anaknya mengikuti gerakan pramuka.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam gerakan Pramuka serta masyarakat yang telah mendukung terus kegiatan-kegiatan kepramukaan," pungkasnya. (red)

Komentar