Launching "BANDENGKU" Program Inovasi Bunda PAUD Kabupaten Pati

 
(Foto: Launching Inovasi Bunda PAUD Kabupaten Pati di Aula TK Aisyiyah 02 Pati, Rabu 20 Sep 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Bunda PAUD Kabupaten Pati, Faisa Mukti Septyani, S.Sos.,M.Si mengadakan acara launching Inovasi Program kerja Bunda PAUD BANDENGKU Pati.

Kegiatan launching diadakan di Aula PAUD Aisyiyah 02 Kranggan Kelurahan Pati Kidul Kabupaten Pati pada hari Rabu (20/9/23).

Berdasarkan tes PISA 70 persen anak Indonesia memiliki tingkat literasi di bawah standar minimum  dibandingkan negara lain.

Selama ini terjadi miskonsepsi di kalangan masyarakat bahwa masuk sekolah dasar harus sudah dapat membaca menulis.

Banyak orang tua menuntut di PAUD harus dapat membaca menulis berhitung. Masih banyak praktik PPDB serta pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi (kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya) merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD.

Baca Juga: Car Free Day, PAUD Aisyiyah 02 Pati Menyongsong Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Pemberian Santunan Yatim dan Dhuafa

Hak setiap anak untuk mendapatkan fase fondasi belum terpenuhi. Masih banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD, sehingga tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi haknya kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemik.

Kepemilikan kemampuan fondasi perlu dipahami orang tua dan guru. Mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial Bahasa, Kematangan emosi.

Pemaknaan terhadap belajar positif keterampilan motoric dan perawatan diri. Kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran  Lingkaran setan saling menyalahkan di setiap jenjang pendidikan harus dihentikan.

Gerakan Transisi PAUD-SD yang menyenangkan ‘Bandengku Pati (Bantu, Gandeng, Kunjungan, Pantau, Tindak Lanjut). Program tidak hanya di atas kertas saja tetapi terimplementasikan pada masyarakat.

Kepala dan Guru PAUD yang tergabung dalam wadah HIMPAUDI Pati salah satu mitra yang mengikuti kegiatan. Penyelenggara PAUD dan sekolah dasar akan dipantau dan dikunjungi.

Kabupaten Pati sebagai Kota Layak Anak meningkatkan kualitas proses   pemenuhan hak esensial anak akan terpenuhi berkolaborasi dengan ormas dan pemerhati anak. (nurti)

Komentar