Berdoa Hujan Segera Turun, Siswa TK- SD Muhammadiyah Pati Gelar Shalat Istisqa

(Foto: Siswa SD Muhammadiyah dan TK Aisyiyah Pati melaksanakan shalat istisqa, Jumat 13 Okt 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Para siswa SD Muhammadiyah Pati melaksanakan shalat istisqa. Para siswa diajak oleh gurunya untuk shalat dan berdoa memohon hujan setelah musim kemarau berkepanjangan ini.

Shalat istisqa dimulai pukul 07.30 WIB di sekolah yang berlokasi di Desa Panjunan, Kecamatan Pati. Shalat dipimpin oleh ustazd Agus Salam, Jumat (13/10/23).

Salah satu siswa Kelas 6B, Alma mengaku mengikuti shalat istisqa dan berdoa meminta turun hujan kepada Allah. Sebab daerahnya juga terdampak kekeringan. "Berdoa biar cepat hujan, tadi salat istisqa," kata Alma ditemui di lokasi.

Senada dikatakan siswa Kelas 6, Naufal. Menurutnya musim kemarau ini berdampak kekeringan di Pati. Melalui shalat istisqa ini ia berharap segera turun hujan.

"Tadi shalat istisqa, sudah lama kemarau, biar hujan turun, di rumah lumayan susah," ujarnya.

Baca Juga: Berikut Pernyataan Sikap Muhammadiyah Atas Terjadinya Perang Palestina dan Israel

Guru Koordinator Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab SD Muhammadiyah Pati, Luthfi Mujtami'ah mengatakan shalat istisqa diikuti siswa TK dan SD Muhammadiyah Pati.

Menurutnya siswa tersebut mengikuti kegiatan rutin shalat duha. Namun hari ini ditambah dengan pelaksanaan salat istisqa.

"Kami dari SD Muhammadiyah Pati kita melaksanakan shalat duha dan istisqa, untuk shalat duha kegiatan rutin sepekan sekali bertepatan pada hari Jumat, namun ada beberapa kekeringan di Pati, berbagai daerah maka di SD Muhammadiyah menambah kegiatan shalat istisqa," kata Luthfi kepada wartawan ditemui di lokasi.

Luthfi mengatakan pelaksanaan shalat istisqa juga sebagai sarana edukasi kepada siswanya mengenai kegiatan keagamaan. Dia juga berharap agar setelah shalat istisqa, hujan turun di wilayah Pati.

"Shalat istisqa ini tujuan salah satunya mengenalkan kepada anak-anak siswa-siswa bahwa kegiatan keagamaan tidak dari di shalat fardu, shalat sunah duha, tapi juga ada shalat istisqa yaitu meminta hujan kepada Allah SWT," ungkapnya.

"Agar kekeringan ini segera berkurang, agar segera diturunkan hujan mendapatkan rahmat dari Allah," pungkasnya. (detikcom)

Komentar