Lukis Wajah Presiden dengan Ribuan Nama Desa, Pemuda Pati Tercatat Masuk Rekor Muri

(Foto: Pemuda Pati masuk rekor MURI)

Kabarpatigo.cim - PATI  - Seorang pemuda di Pati Jawa Tengah, ini tengah membuat perhatian masyarakat karena sejumlah karya lukisnya yang unik dan menggugah mata.

Bagaimana tidak, pemuda bernama lengkap Andre Andika Putra ini membuat karya lukis berbeda dari umumnya.

Ia melukis tujuh wajah Presiden RI dengan memakai ribuan nama desa di Indonesia. Kata demi kata dirangkai hingga membentuk sebuah wajah presiden.

Pemuda yang bekerja di sebuah bioskop di Pati ini mengaku terinspirasi setelah melihat konten-konten kreator dalam membuat sebuah karya keren di TikTok.

(Foto: Hari Santri Nasional 2023)

Terbesit lah ide dari Andre untuk membuat karya yang unik dengan melukis wajah presiden menggunakan nama-nama desa.

Sebelumnya, dia pernah melukis wajah tujuh presiden tetapi dengan cara yang berbeda.

"Kalau ngefans iya. Soalnya saya suka menggambar tujuh presiden berkali-kali. Ada sekitar 10 kali menggambar presiden secara bersamaan," katanya seperti dikutip Tribunnews.

Ketujuh wajah presiden dengan nama desa itu diselesaikan Andre selama setahun.

Baca Juga: PKL Mengeluh Dilarang Jualan di Alun-alun Pati

Selama proses melukis, ia sempat dilanda kejenuhan. Satu lukisan menelan waktu selama 2-3 bulan pengerjaan.

"Awal-awal untuk mengerjakan presiden 1,2 dan 3 butuh waktu 2 sampai 3 bulan karena merasa semakin jenuh, apalagi tiap menggambarnya juga harus melawan rasa kantuk menulis terus-terusan," katanya.

Selain mengantuk, matanya kadang terasa perih dan punggungnya suka sakit. Ia mengetahui puluhan ribu nama-nama desa di Indonesia itu dari Wikipedia.

"Sudah tertera data nama desa di seluruh Indonesia di situ (Wikipedia). Awalnya ada sekitar 49 ribuan. Tapi pas saya hitung ulang ternyata cuma ada sekitar 43 ribuan nama desa," tambahnya.

Namun, ternyata puluhan ribu nama desa tersebut masih belum cukup sehingga dirinya menulis ulang kata Indonesia sebanyak 1.510 kali.

Andre mempersembahkan lukisan tersebut sebagai hadiah HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 lalu.

Berkat karyanya yang unik itu, ia memecahkan rekor MURI untuk kategori lukisan presiden terbanyak dari hasil merangkai nama desa di Indonesia. (tribunjakarta.com)

Komentar