Hadiri Gerakan Tanam Cabai, Pj Bupati Dorong Petani Berbudidaya Cabai

(Foto: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro hadiri Gerakan Tanam Cabai di Desa Sumberejo Jaken, Kamis 28 Des 2023)

Kabarpatigo.com - JAKEN - Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menghadiri gerakan tanam cabai di Desa Sumberejo Kecamatan Jaken, Kamis (28/12/23).

Gerakan yang menyasar para kelompok-kelompok tani (Klomtan) maupun kelompok wanita tani (KWT) ini melibatkan klomtan dan KWT di wilayah Kecamatan Pucakwangi, Jaken, Jakenan, dan Kecamatan Batangan.

Baca Juga : Perhutani Serahkan Bantuan TJSL untuk Pembangunan 5 Pos Keamanan di Pati

Menurut Henggar, gerakan tanam cabai ini merupakan upaya pemenuhan kebutuhan komoditas cabai, yang saat ini masih bergantung dengan daerah lain.

Karena masih cukup banyak peluang, imbuh Pj Bupati, maka pemerintah mendorong petani agar nantinya juga berbudidaya cabai.

Baca Juga: Rangkaian Nataru, Satlantas Polresta Pati Tingkatkan Patroli Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Pj Bupati Henggar Budi Anggoro juga menekankan bahwa wilayah Kabupaten Pati memiliki potensi untuk pengembangan tanaman cabai.

"Gerakan ini tentu tidak serta merta dapat menekan inflasi daerah dan fluktuasi harga khususnya cabai di pasaran. Tapi yang ingin kami tekankan ialah bahwa kita juga punya potensi untuk meningkatkan hasil tanaman cabai tanpa mengandalkan daerah lain," ujar Pj Bupati.

Dalam gerakan tanam cabai tersebut, Pj Bupati Pati kemudian juga menyerahkan peralatan pertanian dan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani.

Alsintan ini, menurut Henggar, berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023. (red)

Komentar