BPBD Pati : Gempa Terasa di Pati 2 Kali, Salah Satunya Getarkan

(Foto: pusat letak gempa)

Kabarpatigo.com - PATI - Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/24) pukul 11.22. Kemudian pada pukul 15.53 WIB, gempa susulan dengan kekuatan M 6,5 terjadi.

Kedua gempa dengan kekuatan besar tersebut terasa hingga wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Baca Juga: 2 Gerhana Akan Terjadi pada Ramadhan 2024, Sayang Dilewatkan!

Kepala Pelaksana BPBD Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, warga merasakan gempa paling lama dan kuat saat susulan pada sore sekitar pukul 15.53 WIB.

"Di perkotaan Pati, pekerja-pekerja toko dan perkantoran berhamburan keluar gedung. Saat getaran gempa pertama kali, hanya terasa beberapa detik. Namun yang paling parah pas gempa susulan sore ini," kata Budi saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (22/3/24) sore.

Baca Juga: Bersama Forkompinda, DPRD Kabupaten Pati Adakan Tarawih dan Silaturahmi Bersama (TARHIMA)

Baca Juga: Persiapan Lebaran, Polresta Pati Gelar Latpraops Ketupat Candi 2024

Dijelaskan Budi, guncangan gempa susulan sore ini bahkan terpantau mampu menggetarkan bangunan rumah. Berbeda halnya dengan gempa pertama yang berlangsung beberapa detik dan getarannya tak begitu terasa.

Baca Juga: Getaran gempa Tuban terasa hingga di Keresidenan Pati

"Gempa susulan sangat kuat. Gerbang rumah saya dari besi bergetar lama hingga berbunyi dan tanaman anggrek dalam pot yang menggantung juga bergoyang lama," kata Budi.

Disampaikan Budi, hingga pukul 17.00 WIB belum ada laporan soal kerusakan bangunan hingga korban jiwa akibat gempa. "Sementara belum ada laporan," pungkas Budi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, ada 20 gempa susulan hingga Jumat (22/3/24) sore pukul 16.20 WIB setelah gempa bumi 6.0 magnitudo yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat siang pukul 11.22 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari menyebutkan, dari 20 gempa susulan, ada 2 gempa besar yang terjadi.

Gempa besar susulan yang pertama terjadi pada Jumat siang pukul 12.31 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3, lalu gempa besar terjadi lagi pada Jumat sore pukul 15.52 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,5.

Muhari mengatakan, pusat gempa tersebut berada di laut tetapi tidak berisiko menyebabkan tsunami. (kompas.com)

Komentar